Nagan Raya (ANTARA Aceh) - Lima pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, priode 2017-2022 mengikuti debat kandidat yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP).

Ketua KIP Nagan Raya Muhammad Yasin, di Nagan Raya, Kamis, mengatakan, tujuan utama kegiatan tersebut memperkenalkan paslon kepala daerah dan mempertajam visi misi paslon sehingga diketahui masyarakat sebagai saksi.

"Debat kandidat ini juga sebagai pelajaran politik bagi masyarakat menjadi saksi dalam mendengarkan visi misi paslon. Rakyat Nagan Raya selama ini sudah melihat lewat spanduk, baliho dan alat peraga kampanye yang telah kami pasang," katanya.

Muhammad Yasin menyampaikan, semua tahapan dan proses pilkada serentak 15 Februari 2017 sudah dilaksanakan pihaknya, dengan sinergisitas semua pihak telah berhasil menegakkan peraturan sehingga terselenggara proses itu secara demokrasi.

Debat kandidat tersebut dilaksanakan di dalam ruang utama Alun Alun Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya, dihadiri Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi, perwakilan Dandim 0106 Nagan Raya, organisasi masyarakat sipil serta pimpinan partai politik.

Lima paslon yang mengikuti debat kandidat tersebut yakni paslon nomor urut 1 Teuku Raja Keumangan, SH.MH - Said Junaidi, paslon nomor urut dua Faisal A Qubsy-Mustafa Cut Ali, paslon urut tiga drh Muhammad Zahed-Samsul Bahri, paslon urut empat Nurchalis SP-Suyanto, SE dan paslon urut lima H M Jamin Idham-Chalidin, SE.

"Semua paslon Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya memiliki visi misi yang semuanya cukup bagus, semuanya mengingginkan pembangunan Nagan Raya semakin baik," kata Dayat, salah seorang warga diwawancarai di lokasi acara itu.

Kegiatan tersebut dijaga aparat Kepolisian Resort Nagan Raya serta Brimob Kompi C, pengamanan diberikan berupa menjaga pintu masuk, sementara ribuan masyarakat juga dapat menyaksikan debat kandidat itu melalui layar monitor televisi di luar ruangan.

Sempat terjadi kegaduhan massa yang bersorak dari luar hingga suara mereka terdengar hingga ke dalam ruangan, namun tidak terjadi kericuhan antar tim sukses maupun simpatisan yang berada di luar semua saling berbaur.

Demikian juga para paslon kandidat yang berdebat di mimbar podium disediakan panitia, setelah letih menyampaikan visi misi, saling tukar bertanya dan menanggapi berbagai pertanyaan pada akhirnya mereka berfoto bersama dan bersalaman.

Kegiatan debat kandidat paslon Bupati Nagan Raya priode 2017-2022 ini berjalan sebagaimana jadwal dan waktu yang telah diatur oleh panitia pelaksana, debat kandidat ini dipandu moderator akademisi ternama dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017