Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan membagikan sebanyak 720 bendera merah putih kepada nelayan di wilayah Kota Lhokseumawe, Aceh, dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia (RI).

"Ada ratusan bendera dan umbul-umbul merah putih yang dibagikan kepada kapal-kapal nelayan yang melintas dan beroperasi di Perairan Lhokseumawe," kata Hertantyawan di Lhokseumawe, Sabtu. 

Pembagian bendera dan umbul-umbul merah putih tersebut dilakukan dengan terjun langsung berlayar dan berkeliling perairan Lhokseumawe dengan menggunakan kapal patroli Bireuen milik Lanal Lhokseumawe.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT ke 78 RI, yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan di kalangan nelayan. 

"TNI/Polri peduli dalam merawat dan menjaga kebangsaan antar seluruh komponen bangsa termasuk para nelayan yang sedang berada di laut dengan cara menggugah rasa cinta tanah air melalui ajakan dan himbauan untuk selalu bangga mengibarkan bendera merah putih," katanya. 

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan lanjutan Korem 011/Lilawangsa dalam pembagian dan pengibaran 10 juta bendera merah putih yang telah di bagikan kepada masyarakat di wilayah Korem 011/Lilawangsa.

"Memasang dan mengibarkan bendera merah putih di kapal menjadi sesuatu hal yang wajib bagi para nelayan yang sedang melaut karena merupakan identitas kapal nelayan Indonesia dan tidak hanya sebatas dalam rangka peringatan 17 Agustus saja," katanya.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat bagikan 6.500 lembar bendera merah putih ke masyarakat

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023