Masyarakat Gampong Alue Pisang, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar aneka lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Samsuardi, panitia pelaksana perlombaan dalam HUT RI Gampong Alue Pisang, di Blangpidie, Kamis mengatakan, ada empat lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI, yakni tarik tambang, panjat pinang, pukul bantal tingkat dewasa dan anak-anak.

"Perlombaan tersebut dibuka untuk umum, seperti tarik tambang bagi kaum perempuan dan panjat pinang untuk laki-laki usia 20-40 tahun. Sedangkan lomba pukul bantal di khususkan untuk anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan. Ada juga untuk dewasa, pendaftarannya gratis," katanya

Adapun bonus dipersiapkan panitia bagi pemenang lomba berupa uang tunai. Untuk kategori tarik tambang senilai Rp1,5 juta, lomba pukul bantal Rp600 ribu bagi anak-anak dan tingkat dewasa Rp750 ribu. 

"Untuk lomba panjat pinang kami sediakan Rp2 juta," kata Samsuardi. 

Pelaksanaan perlombaan tersebut dimulai usai upacara bendera merah putih peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78. Semaraknya acara berbagai perlombaan rakyat dalam rangka HUT RI tersebut juga dilakukan di gampong-gampong lain di Kabupaten Abdya. 

Ratusan masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki antusias mengikuti dan menyaksikan acara rakyat yang diselenggarakan masing-masing gampong.
 

Pewarta: Suprian

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023