Ribuan peserta dari 168 kelompok pelajar PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA sederajat di Banda Aceh memeriahkan pawai budaya dan karnaval mobil hias kemerdekaan dalam rangka HUT ke 78 Republik Indonesia.

“Pawai budaya dan karnaval mobil hias ini menjadi momentum untuk bersatu dalam semangat persatuan dan kebhinekaan," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikan Amiruddin usai melepas secara resmi ribuan peserta pawai Budaya dan karnaval mobil hias dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 RI di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Baca juga: Sebanyak 8.436 peserta meriahkan karnaval budaya di Lhokseumawe

Peserta karnaval terlihat antusias mengikuti pawai dengan membawa berbagai alat peraga seraya menyanyikan lagu kebangsaan. Karnaval semakin meriah dengan para peserta berpakaian hias yang unik dan parade mobil hias bertema hari kemerdekaan. 
 
Amiruddin menuturkan bahwa kegiatan karnaval tersebut bukan hanya sekedar hiburan, melainkan juga sebagai pelestarian budaya dan adat istiadat Aceh. 

"Melalui kegiatan ini kita juga dapat merasakan betapa kaya dan beragamnya warisan budaya yang kita miliki,” ujarnya. 

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan pawai budaya dan karnaval mobil hias tersebut.

“Semoga semangat persatuan dan kebhinekaan selalu membimbing langkah kita,” kata Amiruddin.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengatakan pihaknya telah menurunkan ada
 untuk melakukan keamanan saat pawai dan karnaval berlangsung, serta turut menampilkan mobil hias. 

“Saya melihat dengan adanya karnaval ini dapat menumbuhkan pelestarian adat dan budaya Aceh dengan berbagai pakaian adat yang digunakan para peserta, serta terlihat bahwa masyarakat Banda Aceh memiliki jiwa Bhinneka Tunggal Ika,” demikian Fahmi Irwan Ramli.

Baca juga: Belasan ribu pelajar di Aceh Timur ikut pawai HUT RI

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023