Ribuan peserta ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Sabang, yang tergabung dalam acara karnaval budaya, pada Sabtu (19/8).

Karnaval budaya dilepas langsung oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi bersama Forkopimda. Reza juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung pada pawai karnaval Kemerdekaan RI di Kota Sabang.

"Kami sangat bahagia, bangga dan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para siswa siswi peserta pawai, kepala sekolah, dewan guru, orang tua, seluruh unsur Forkopimda Sabang, para kepala OPD Sabang, instansi vertikal, dan perbankan, serta panitia yang telah ikut serta dalam kemeriahan pada pawai karnaval tahun ini," kata Reza.

Baca juga: Sabang miliki 22 spot pesona bawah laut berkelas dunia

Ia menjelaskan, partisipasi seluruh pihak cukup tinggi dalam upaya memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, terutama pada pawai karnaval di Kota Sabang.

Kata dia, berbagai kostum unik menjadi daya tarik karnaval berbalut budaya di Kota Sabang, Berbeda dari tahun sebelumnya, Pj wali kota Sabang dan Forkopimda Kota Sabang beserta istri turut mengenakan pakaian tradisional, sebagai bentuk cinta Tanah Air Indonesia.
 
Pawai karnaval ini diikuti sebanyak 46 sekolah yang terdiri dari 30 sekolah tingkat SD/MI, 11 sekolah tingkat SMP/MTsN dan lima sekolah tingkat SMA/SMK/MA di Kota Sabang.

Pawai dimulai dari depan Kantor Wali Kota Sabang, para peserta kemudian melewati Tektok, Jalan Perdagangan, Taman Ria, SD Negeri 2, Jalan O Surapati, Simpang Garuda, dan berakhir kembali ke depan Kantor Wali Kota Sabang.

Karnaval ini berlangsung meriah dan disambut antusiasme masyarakat yang rela berdiri di sepanjang rute pelaksanaan kegiatan. 

Tidak hanya itu, karnaval budaya ini juga dimeriahkan dengan suguhan lima grup drumband yang berasal dari berbagai SD, SMP, dan SMA sederajat di Kota Sabang, serta ditutup dengan tampilan Barongsai.

Baca juga: ANTARA gelorakan rawat terumbu karang dari Nol Indonesia

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023