Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan akan memaksimalkan peran dan partisipasi masyarakat khususnya gampong atau desa wisata untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Keterlibatan masyarakat secara maksimal dalam pengembangan desa wisata dapat memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan pelibatan peran serta masyarakat dalam pengembangan desa wisata juga bagian dari komitmen Pemerintah Aceh agar desa tersebut dapat terus berkarya dan berkembang serta dapat berkompetisi dengan desa lainnya termasuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

“Kita memberikan apresiasi kepada Kota Sabang yang meraih rekor Muri pada ADWI 2023. Sabang menjadi juara pertama pada kategori kelembagaan dan CHSE dan disusul Aceh Besar untuk juara harapan pada kategori yang sama serta Desa Wisata Aneuk Laot  juga mendapat juara harapan kategori souvenir,” katanya.

Menurut dia untuk meningkatkan keikutsertaan Aceh dalam berbagai kegiatan termasuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh, Disbudpar Aceh juga akan memberikan pendampingan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) atau SDM lainnya dalam hal program-program peningkatan kapasitas secara berkelanjutan, serta berupaya meningkatkan promosi sektor pariwisata.

“Kita fokus untuk meningkatkan sumber daya manusia dan membantu promosi sebagai komitmen pemerintah Aceh untuk memajukan sektor pariwisata,” katanya.

Almuniza mengatakan dalam upaya menghadirkan tamu dalam dan luar negeri ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu, pihaknya juga akan meningkatkan atraksi, amenitas, aksesbilitas.

Ia juga berharap dengan lahirnya para penggerak pariwisata dalam pengembangan pariwisata di desa dapat menumbuh kembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif yang maju, berdaya saing, berkelanjutan, serta mengedepankan kearifan lokal yang ditopang dengan keberadaan SDM yang andal dan berdaya saing.

Adapun jumlah desa wisata yang tersebar di 23 kabupaten/kota di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu sebanyak 119 gampong.

Baca juga: Aceh Besar siapkan dua gampong ikuti ADWI 2024

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023