Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan akan menyiapkan dua desa/gampong yang akan berkompetisi di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.
 
"Insya Allah kita akan siapkan dua desa wisata tahun mendatang. Alhamdulillah tahun ini Gampong Lubok Sukon meraih juara harapan untuk kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. Ini sebuah prestasi yang juga patut kita banggakan dan kita syukuri," kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dihubungi di Banda Aceh, Senin
 
Pernyataan itu disampaikannya usai menerima anugerah ADWI 2023 di Jakarta yang di pusatkan TMII Jakarta. 

Baca juga: Angkasa Pura kembangkan Lubok Sukun jadi pariwisata berkelanjutan
 
Ia menjelaskan dua gampong yang disiapkan nantinya tersebut akan berkompetisi pada kategori yang berbeda pada ADWI 2024.
 
Ia mengatakan Kabupaten Aceh Besar meraih juara harapan setelah bersaing dengan 4.573 desa wisata yang ikut ADWI 2023.
 
 
Berdasarkan data dari 7.276 total jumlah desa wisata di Indonesia, telah terjaring 4.573 desa wisata yang mendaftar di ADWI 2023. 
 
"Prestasi ini harus kita syukuri dan apresiasi kepada semua elemen di Gampong Lubok Sukon yang telah berusaha keras dan mendedikasikan diri untuk memberikan yang terbaik bagi Lubok Sukon atau Aceh Besar di ajang ADWI 2023,” kata Muhammad Iswanto.
 
Ia menambahkan Aceh Besar sudah menunjukkan diri dengan mewakili Aceh untuk level nasional dalam berbagai event sepanjang tahun 2023.
 
Adapun juara pertama untuk kategori Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE di raih Gampong Iboih Kota Sabang, Aceh disusul Bira Tengah Kabupaten Sampang dan Juara 3 Desa Wisata Duren Sari Sawahan Kabupaten Trenggalek.
 
 
Baca juga: Pasca event, komunitas vespa mulai atur jadwal kunjungi Aceh

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023