Salah satu cara membedakan madu hutan asli atau palsu bisa dilihat dari wujudnya yang bisa mengkristal ketika ditempatkan di suhu dingin, kata Raul staf dari Ibnu Asyir Madu Asli. 

"Banyak pertanyaan tentang kenapa madu berkristal. Jadi yang pertama itu madu hutan asli itu mengandung lebih banyak kadar air dari pada madu ternak, jadi seperti yang kita ketahui bahwasanya kalau misalnya madu yang mengandung kadar air lebih banyak itu akan mengkristal," kata Raul di Banda Aceh, Senin (25/9/2023).

Ia menjelaskan, penanganan yang dapat dilakukan ketika terjadi kristalisasi pada madu yaitu dengan menempatkannya di bawah suhu 24 derajat celcius.

"Kalau misalnya sudah terjadi kristalisasi itu alangkah baiknya kita diamkan di suhu ruangan di bawah 24 derajat. Nah, itu lama kelamaan madu akan balik seperti semula," ujarnya.

Baca juga: Tips jaga mata sehat terhindar dari "computer vision syndrome"

Menurut dia, madu yang mengkristal bukan berarti madu itu palsu. Kuncinya adalah bagaimana proses penyimpanan cairan manis itu dengan benar, yakni pada suhu ruangan 24 derajat ke atas. 

"Jadi untuk madu hutan asli alangkah baiknya dia disimpan di suhu ruangan atau 24 derajat ke atas jadi jangan terlalu dingin kalau dingin dia akan berkristal," katanya.
 

Cara paling akurat mengetahui keaslian madu yang akan kita beli di toko atau swalayan adalah melakukan uji lab dan ikut panen langsung. Madu palsu atau campuran akan dikerumuni semut merupakan mitos, ujar Raul.

"Sebenarnya kalau misalnya kita berjualan madu ini yang pertama itu kita harus dipercaya oleh pelanggan. Nah, cara untuk dipercaya oleh pelanggan yaitu kita membuktikan bahwasanya madu kita itu asli apa ga, dengan cara kita meyakini disini amanah dan sebagainya," jelas Raul seraya menambahkan bahwa madu hutan asli juga aman untuk penderita diabetes sebagai pengganti gula. 

Usaha Ibnu Asyir Madu Asli sudah berjalan sekitar 4-5 tahun dengan toko pertamanya berlokasi di Kabupaten Bireuen dan kini juga melayani pesanan secara online. Pemilik usaha tersebut memilih membuka usaha madu tujuannya karena banyak beredar madu-madu palsu di pasar, sehingga mereka melihat ada peluang untuk membuat sebuah terobosan yang menjamin keaslian madu yang menyehatkan.

Penulis: Syarifah Raiqah Salsabila, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh

Baca juga: Seberapa penting pengaruh lingkungan untuk pengobatan kanker anak, begini pendapat ahli

Pewarta: Redaksi Antara Aceh

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023