Komisi Independen Pemilihan KIP (KIP) Kabupaten Aceh Selatan menerima sebanyak 2.788 bilik suara Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan calon anggota legislatif dengan pemilihan calon presiden dan wakil presiden.

Ketua KIP Kabupaten Aceh Selatan Kafrawi di Aceh Selatan, Senin, mengatakan logistik Pemilu 2024 tersebut dikirim secara bertahap hingga menjelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

"Logistik Pemilu 2024 dikirim bertahap. Dan kini, kami sudah menerima bilik suara sebanyak 2.788 unit. Jumlah bilik suara yang dikirim tersebut disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara atau TPS," katanya.

Kafrawi mengatakan jumlah TPS pada Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Selatan tersebar di 697 tempat. Distribusi TPS tersebut akan dilakukan bersamaan dengan logistik pemilu lainnya seperti kotak suara, suara suara dan lainnya. Setiap TPS mendapat empat bilik suara.

Bilik suara yang diterima tersebut, kata Kafrawi, selanjutnya disimpan di Gudang KIP Kabupaten Aceh Selatan. Selanjutnya, bilik suara tersebut diperiksa kondisinya jumlahnya. Apabila ada yang rusak atau jumlahnya kurang segera disampaikan ke KPU RI.

"Sedangkan logistik pemilu lainnya akan dikirim secara bertahap hingga menjelang hari pencoblosan. Kami berharap logistik pemilu ke Aceh Selatan tersebut sesuai jadwal, sehingga tidak terkendala saat distribusi ke TPS," katanya.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Pemilu legislatif di Aceh, selain diikuti partai politik nasional juga ada enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Baca juga: KIP Abdya terima 1.768 bilik suara Pemilu 2024

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023