Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh terus berupaya menggencarkan sosialisasi terkait dengan pemberian imunisasi kepada bayi dan balita di daerah itu, sebagai upaya untuk mencegah stunting.

“Pemberian imunisasi ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak, sebagai salah satu upaya untuk mencegah anak dari berbagai penyakit infeksi yang dapat menyebabkan stunting,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas di Nagan Raya, Rabu.

Dalam upaya mencegah stunting, kata dia, harus dilakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan kalangan anak sehingga kesehatan bayi, balita, dan anak terjaga dengan baik.

Selain itu, pemberian imuniasi dan vitamin bagi bayi dan balita harus diberikan sesuai anjuran, agar kondisi kesehatan selalu terjaga dan terhindar dari berbagai serangan penyakit serta gangguan kesehatan lainnya.

Fitriany juga meminta kepada kader posyandu dan masyarakat agar berperan dalam menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan program-program pemerintah mengenai kesehatan, salah-satunya pencegahan stunting.

"Baik itu dengan cara memberikan vitamin, makanan-makanan tambahan dan lain sebagainya untuk mencukupi gizi anak, hingga tidak terjadi stunting," katanya.

Ia juga meminta peran aktif masing-masing camat di Kabupaten Nagan Raya agar turut serta melakukan pencegahan stunting dan melakukan intervensi sehingga stunting bisa teratasi.

Baca juga: Baitul Mal Aceh bangun sanitasi pakai dana zakat untuk cegah stunting

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023