Sebanyak 651 santri tingkat SD, SMP dan SMA dari berbagai kabupaten/kota di Aceh ikut dalam kegiatan Darul Quran Aceh Musabaqah Quran, Science, and Sport (Damasquss) II tahun 2023, dalam momentum peringatan Hari Santri Nasional.

Damasquss dibuka oleh Anggota Komisi I DPR Aceh Tgk Irawan Abdullah. Ajang ini berlangsung mulai 20-22 Oktober 2023 di Komplek Dayah Darul Quran Aceh (DQA), Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Tgk Irawan Abdullah mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang menumbuhkan kreatifitas para santri dan juga sebagai momentum dalam perayaan Hari Santri Nasional 2023.

"Santri mempunyai peran yang begitu besar dalam proses kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga para santri memiliki peran yang sangat penting dalam melanjutkan pembangunan dan kepemimpinan bangsa ini, maka bangga lah menjadi seorang santri," katanya.

Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustazd Hajarul Akbar memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada dewan guru dan panitia atas kerja keras dalam mempersiapkan hajatan tersebut. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan maksimal sehingga akan melahirkan sang juara yang sesungguhnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Ustazd Fandi Rayyana menjelaskan ajang Damasquss mempertandingkan berbagai jenis perlombaan, mulai tingkat SD sederajat berupa lomba Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Juz 30, tartil Al Quran dan pidato bahasa Indonesia. 

Selanjutnya, untuk tingkat SMP sederajat lomba MHQ 3 Juz, tilawah, pidato bahasa Indonesia, cerdas cermat, olimpiade Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khaligrafi, tenis meja dan badminton. 

“Sedangkan tingkat SMA sederajat diperlombakan cerdas cermat, MHQ 5 Juz, nasyid acapela dan futsal. Adapun untuk cabang lomba umum yaitu fotografi dan desain poster,” ujarnya.

Baca juga: Sandiaga sebut ada kebutuhan besar ciptakan konten-konten kreatif Islami

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023