Kapal Motor Penumpang (KMP) BBR yang melayani rute Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang telah selesai menjalani perawatan (docking), sehingga aktivitas pelayanan penyeberangan bagi masyarakat kembali normal.

“Penyeberangan Banda Aceh - Sabang sudah kembali normal seperti biasanya, dua kapal yaitu KMP Aceh Hebat 2 dan KMP BRR,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Rudy B Hanafiah di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan KMP BRR mulai menjalani perawatan pada awal Oktober lalu di Nias, Sumatera Utara, sekitar 25 hari. KMP BRR tiba kembali di Pelabuhan Ulee Lheu pada Rabu (1/11) dan kembali melayani penyeberangan pada Minggu (5/11).

“Setelah tiba dari Nias, kemudian mendapat izin pelayaran dari Dinas Perhubungan baru beroperasi normal kembali hari Minggu. Sejauh ini arus penyeberangan normal dan lancar tidak ada stagnasi,” ujarnya.

Baca juga: KMP BRR docking, penyeberangan ke Sabang dilayani satu kapal

Dengan kembali beroperasi dua kapal, kata Rudy, pelayanan penyeberangan Banda Aceh-Sabang kembal dengan pola operasi tiga trip per hari, baik dari Banda Aceh maupun sebaliknya. Sebelumnya penyeberangan hanya dilayani KMP Aceh Hebat 2 dengan operasi dua trip dari masing-masing daerah.

Rudy menambahkan, perawatan tersebut merupakan kewajiban bagi ASDP selaku operator kapal, dalam upaya menjaga kontinuitas dan keselamatan kapal serta pengguna jasa dalam pelayaran.

Lanjut dia, perawatan kapal tersebut juga dilakukan dalam rangka menyambut lonjakan penumpang pada akhir tahun mendatang.

“Kita juga sudah mulai rapat koordinasi untuk menyusun persiapan jelang akhir tahun,” katanya. 

Sebelumnya, ASDP Cabang Banda Aceh juga telah melakukan docking KMP Papuyu pada awal September 2023, yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ke Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar.

KMP Papuyu melayani penyeberangan ke Lamteng dan Serapung, Pulau Aceh. Kata dia, penyeberangan KMP Papuyu ke Pulau Aceh yakni Pulau Breuh dan Pulau Nasi merupakan pelayaran perintis dengan mekanisme kontrak subsidi per tahun.

Sebelumnya, ASDP Cabang Banda Aceh juga telah melakukan pemeliharaan terhadap KMP Aceh Hebat 2 pada awal Januari 2023 lalu. Selama ini penyeberangan Sabang-Banda Aceh dilayani dua kapal yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas 340 orang 250 orang KMP BRR.

Baca juga: Penyeberangan ke Pulau Aceh pakai kapal kayu selama KMP Papuyu docking

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023