Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Banda Aceh menerima penghargaan nasional Wiyata Dharma Utama dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sebagai bentuk apresiasi bagi Bunda PAUD di daerah dalam mendukung transisi PAUD ke sekolah dasar.

Ketua Bunda PAUD Banda Aceh Wardiati dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Kamis, menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek atas penghargaan yang diberikan, sehingga menjadi motivasi PAUD Banda Aceh untuk terus menyukseskan transisi PAUD ke SD dan sederajat.

Semua ini terlaksana atas dukungan semua pihak, khususnya Pokja Bunda PAUD yang telah bekerja secara optimal di Banda Aceh,” kata Ketua Bunda PAUD Banda Aceh Wardiati dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Kamis.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Ketua Bunda PAUD Banda Aceh yang diserahkan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Bunda PAUD Indonesia di Jakarta Utara.

Ada tiga kategori Bunda PAUD penerima penghargaan tingkat provinsi yaitu Wiyata Dharma Utama, Wiyata Dharma Madya, dan Wiyata Dharma Pratama.

Bunda PAUD Banda Aceh itu menerima penghargaan tersebut berkat kinerja dan perjuangan sebagai Bunda PAUD yang telah menjalankan peran dan tugasnya secara optimal dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke sekolah dasar (SD) yang menyenangkan menuju PAUD berkualitas. 

Kata Wardiati, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan peran partisipasi Bunda PAUD dalam mendorong terwujudnya tiga perubahan praktek pembelajaran di masa transisi PAUD atau Raudhatul Athfal ke SD atau madrasah ibtidaiyah (MI) di Banda Aceh. 

Saat ini, lanjut dia, pihaknya terus mengajak sekolah-sekolah di Banda Aceh untuk menghilangkan tes baca, tulis, dan menghitung (calistung) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD, sekaligus menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD.

“Dan menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak PAUD dan SD dalam implementasi gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, apresiasi Bunda PAUD itu diikuti seluruh kabupaten/kota di Indonesia dalam rangka tindak lanjut peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24 dan pelaksanaan komitmen bersama Bunda PAUD dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di daerah.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023