Kontingen Kabupaten Aceh Selatan meraih tiga juara pertama dari berbagai perlombaan pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang digelar di Banda Aceh hingga 12 November 2023.

"Hingga hari ke enam penyelenggaraan PKA ke-8, Kontingen Kabupaten Aceh Selatan sudah meraih tiga juara pertama dari berbagai perlombaan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan Akmal AH di Banda Aceh, Kamis.

Adapun juara pertama pada perlombaan PKA ke-8 yang raih tersebut yakni lomba boh gaca atau berinai, lomba layang-layang, serta musik garapan tradisional.

Selain itu, kontingen Kabupaten Aceh Selatan juga terus berupaya meraih juara pertama pada perlombaan lainnya, sehingga target mempertahankan juara umum PKA dapat terpenuhi.

"Kami terus berikhtiar untuk meraih juara pertama di setiap perlombaan PKA ke-8. Apalagi persiapan kontingen selama lima bulan lebih guna mempertahankan juara umum PKA," kata Akmal AH.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Selatan berhasil keluar sebagai juara umum PKA ke-7 pada 2018. Event kebudayaan yang digelar empat tahunan ini merupakan ajang promosi yang digelar Pemerintah Aceh diikuti 23 kabupaten kota.

PKA ke-8 dipusatkan Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh. PKA ke-8 bertema Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia. Aceh Selatan akan membuktikan keterlibatan langsung dalam jalur rempah di masa lalu. 

"Aceh Selatan memiliki peran penting dalam perdagangan rempah dunia di masa lalu. Rempah Aceh Selatan juga terbukti sebagai pendukung kesejahteraan ekonomi masyarakat, seperti pala, nilam, cengkeh, kapulaga, biji kopi, dan lain sebagainya," kata Akmal. 

Akmal juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak yang telah mendukung  kontingen dan anjungan PKA Aceh Selatan di  Taman Sultanah Safiatuddin. 

"Dengan kerja sama semua pihak, kami yakin kontingen Aceh Selatan kembali dapat memeriahkan dan mempertahankan juara umum pada PKA ke-8," kata Akmal AH.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023