Kabupaten Aceh Besar meraih juara terbaik I se Indonesia dalam Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan atas pemberian informasi harga.
 
"Alhamdulillah kita terpilih menjadi yang terbaik atas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat dalam pengumpulan serta pelaporan data harga dan stok atau pasokan Bapokting secara harian melalui SP2KP," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Aceh Besar Trizna Darma di Lambaro, Sabtu.
 
Ia menjelaskan dari laporan tersebut dapat ditentukan Indeks Harga Produsen (IHP) dan Indeks Harga Konsumen (IHK) oleh Badan Pusat Statistik untuk angka inflasi daerah.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan gelar pasar murah tekan inflasi
 
Ia mengatakan sesuai Undang Undang Nomor 7/2014 tentang Perdagangan dan Perpres Nomor 71/2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting (Bapokting), pihaknya diberi tugas dan wewenang untuk menjaga stabilitas harga serta kecukupan ketersediaan Bapokting di masyarakat guna mendukung pengendalian inflasi, khususnya melalui pengendalian inflasi pangan.
 
“Pemerintah Pusat menilai angka inflasi daerah, jika hasil laporan tersebut ada kenaikan harga maka bisa dikatakan angka inflasi kita juga masih tinggi, atau jika harga Bapokting yang kita laporkan stabil dan turun, maka pemerintah juga bisa melihat penurunan inflasi daerah,” kata Trizna.
 
Trizna juga mengatakan pengendalian inflasi erat kaitannya dengan daya beli masyarakat dan kemiskinan dan inflasi Bapokting, khususnya pangan cukup tinggi karena merupakan kebutuhan primer dengan proporsi pengeluaran rumah tangga relatif lebih besar dibanding komponen lain. 
 
“Kebijakan serta upaya stabilisasi harga dan ketersediaan Bapokting dilakukan secara intensif oleh Pemkab Aceh Besar,” kata Trizna.
 
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan penghargaan yang dicapai tersebut merupakan kerja sama seluruh jajaran Diskopukmdag Aceh Besar serta OPD terkait lainnya dalam stabilisasi harga dan penurunan inflasi daerah.
 
Baca juga: Aceh Besar gelar pasar murah khusus tekan inflasi

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023