Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM menggelar pasar murah guna menekan inflasi akibat kenaikan harga kebutuhan pokok di kabupaten pesisir barat selatan Provinsi Aceh tersebut.

"Kenaikan harga kebutuhan pokok ini berdampak pada peningkatan angka inflasi. Tujuan pasar murah ini juga untuk menekan laju inflasi," kata Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM T Harida Haslim di Aceh Selatan, Jumat.

Pasar murah tersebut dipusatkan di Kantor Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan. Dalam pasar murah tersebut, Pemkab Aceh Selatan menyediakan 200 paket kebutuhan pokok.

Paket kebutuhan pokok murah tersebut terdiri minyak goreng dua liter dengan harga Rp30 ribu, telur ayam satu papan 30 butir Rp30 ribu, beras 10 kilogram Rp96 ribu, dan gula dua kilogram Rp24 ribu.

Sedangkan harga eceran kebutuhan pokok tersebut di pasaran Kabupaten Aceh Selatan yakni minyak goreng per dua liter Rp37 ribu, telur ayam per papan Rp47 ribu, beras 10 kilogram Rp115 ribu, dan gula per kilogramnya Rp16 ribu.

Selain di Kecamatan Kluet Selatan, kata T Harida Haslim, pasar murah tersebut juga digelar di 11 kecamatan lainnya di Kabupaten Aceh Selatan. Setiap kecamatan disediakan 200 paket untuk masyarakat, terutama untuk kurang mampu.

"Pembeli kebutuhan pokok di pasar murah tersebut menggunakan sistem kupon. Setiap pembeli, wajib menyerahkan kupon yang sebelumnya dibagikan serta memperlihatkan kartu keluarga. Tujuannya, untuk mencegah pembelian berulang oleh satu orang," katanya.

T Harida Haslim mengatakan pasar murah tersebut merupakan langkah cermat dan tepat yang dilakukan Pemkab Aceh Selatan dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Selain mengendalikan  harga kebutuhan pokok, pasar murah tersebut juga untuk menekan kemiskinan ekstrem dan juga menangani stunting yang kini menjadi persoalan secara nasional.

Menurut dia, kenaikan harga kebutuhan pokok juga berdampak kepada stunting dan kemiskinan ekstrem. Dan ini menjadi dasar bagi Pemkab Aceh Selatan menggelar pasar murah menjual kebutuhan pokok tersebut.

"Kami berharap pasar murah tersebut membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah serta dapat menjaga stabilitas harga bahan pokok dan menekan inflasi di Kabupaten Aceh Selatan," kata T Harida Haslim.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023