Blangpidie (ANTARA Aceh) - Tiga kabupaten masuk nominasi perencanaan terbaik tingkat Provinsi Aceh setelah tim independen melakukan penilaian terhadap Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) 2017 dalam rangka mendapatkan anugerah "Prof A Madjid Ibrahim".

Kasubag Program pada Bappeda Aceh, Ridwan, dihubungi dari Blangpidie, Rabu mengatakan, ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Bireuen.

"Berdasarkan hasil tim penilai, tiga kabupaten yang masuk tiga besar yakni Abdya, Aceh Tamiang, dan Bireuen, sedangkan kota terbaik adalah Kota Langsa dan Kota Sabang," ujar dia.

Ia menerangkan, tiga kabupaten dan dua kota di Aceh yang kini telah memasuki tiga besar perencanaan terbaik tersebut merupakan hasil seleksi tim independen dan tim Bappeda Aceh atas penilaian rencana kerja pembangunan kabupaten/kota se-Aceh tahun 2017.

"Itu baru hasil seleksi tiga besar. Jadi, untuk mengetahui perencanaan kabupaten/kota terbaik I, II dan III nanti diumumkan dalam Musrembang provinsi yang direncanakan 6 April 2017. Sekaligus penyerahan penghargaan kepada bupati dan walikota," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari 18 kabupaten dan 5 kota di Provinsi Aceh sebelumnya telah dilakukan verifikasi langsung ke lapangan oleh tim penilai untuk masing-masing kabupaten/kota kemudian ditetapkan 3 nominasi terbaik dari 6 dominasi yang ditetapkan pada tahap sebelumnya.

Sebelumnya, kata dia, tim telah menguji bukti dokumen perencanaan termasuk menguji kemampuan kepala Bappeda masing-masing kabupaten/kota dominasi melalui presentasi penjelasan semua dokumen perencanaan semua bidang pembangunan dan memiliki nilai/skor tertinggi.

"Setelah itu baru ditetapkan kabupaten dan kota terbaik I, II dan terbaik III tingkat Provinsi Aceh tahun 2017. Jadi, untuk kabupaten/kota terbaik pertama akan mewakili Aceh dalam anugerah perencanaan terbaik tingkat nasional, yaitu Anugerah Pangripta Nusantara di Bappenas Jakarta," demikian Ridwan.
    

Pewarta: Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017