Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko mengingatkan seluruh personel Polres Aceh Jaya untuk tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan calon anggota legislatif dengan pemilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Netralitas pada Pemilu 2024 merupakan hal utama yang harus dijaga oleh setiap personel. Mabes Polri juga sudah mengeluarkan arahan dalam menjaga netralitas pada Pemilu 2024," kata Achmad Kartiko di Aceh Jaya, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan Achmad Kartiko ketika melakukan kunjungan kerja ke Polres Aceh Jaya. Kunjungan kerja tersebut diikuti sejumlah pejabat utama Polda Aceh guna memotivasi jajaran dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Jenderal polisi bintang dua itu mengingatkan Mabes Polri sudah menyampaikan arahan terkait netralitas pada pemilu. Oleh karena itu, jangan sampai tindakan personel Polres Aceh Jaya, baik sengaja maupun tidak sengaja menimbulkan persepsi atau kontroversi terkait netralitas pada Pemilu 2024.

"Kewenangan dan tugas pokok Polri adalah sebagai alat negara. Tugas tersebut bukan hanya sebagai pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegak hukum, tetapi juga pelayan masyarakat," kata Achmad Kartiko menyebutkan.

Terkait sebagai pelayan masyarakat, Kapolda Aceh mengajak jajaran Polres Aceh Jaya melayani dengan senyuman serta menyapa dengan salaman. Pelayanan dengan senyuman tersebut akan meningkat kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.

"Kami juga mengapresiasi kinerja seluruh personel Polres Aceh Jaya yang telah berupaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Dan itu memberikan kontribusi untuk situasi kamtibmas secara menyeluruh di Provinsi Aceh," kata Achmad Kartiko.

Sementara itu, Kapolres Aceh Jaya AKBP Andy Sumarta mengatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Aceh Jaya secara umum berlangsung kondusif. Kamtibmas yang kondusif tersebut juga berkat dukungan seluruh elemen masyarakat.

"Secara umum, kamtibmas di Aceh Jaya berlangsung kondusif.  Khusus untuk lalu lintas, kami sudah memetakan sejumlah titik rawan serta memasang rambu-rambu mencegah kecelakaan lalu lintas," kata Andy Sumarta.

Baca juga: Kapolda Aceh serahkan rumah untuk warga Aceh Timur

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023