Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menargetkan kafilah asal kabupaten tersebut masuk lima besar dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 tingkat Provinsi Aceh 2023, yang dipusatkan di Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue, Aceh.

“Dengan pemahaman Al Quran yang mendalam, saya yakin kafilah Aceh Barat mampu menenangkan hati dan membawa pulang gelar juara," kata Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi dalam keterangannya diterima di Meulaboh, Selasa.

Adapun cabang perlombaan yang diikuti kafilah dari Kabupaten Aceh Barat yang diikuti 23 kabupaten/kota di Aceh, d iantaranya tilawah, qiraah sab’ah, hifzil, tafsir, fahmil, syarhil, khattil, serta KTIQ. 

Pada MTQ tahun ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengirimkan 50 peserta, ditambah pelatih, pendamping dan ofisial berjumlah 35 orang.

Mahdi Efendi meminta komitmen seluruh kafilah Aceh Barat untuk memberikan penampilan terbaiknya agar meraih prestasi tertinggi. 

"Perjuangan dan kerja keras dari para qari, qariah, dan ofisial tidak akan sia-sia dengan tekad kuat untuk memberikan yang terbaik untuk daerah ini," katanya menambahkan.

Menurutnya, MTQ merupakan agenda penting yang dinantikan oleh masyarakat. Acara ini memiliki peran strategis dalam membentuk mental dan akhlak yang mulia.

Ia mengakui kafilah dari Kabupaten  Aceh Barat diperhitungkan oleh peserta dari daerah lain di Aceh, karena memiliki peluang besar meraih prestasi dalam MTQ tingkat Provinsi Aceh pada tahun  ini.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Isa mengatakan pemerintah daerah telah berupaya mempersiapkan diri secara maksimal, untuk memberikan pelatihan dan pembekalan kepada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami sangat bersemangat dan siap untuk memberikan yang terbaik. Pembinaan yang kami lakukan telah memberi bekal untuk berkompetisi dengan performa terbaik," katanya.

Menurutnya, kafilah Aceh Barat siap menorehkan prestasi gemilang untuk memperjuangkan nama baik daerah, dan ini mempertegas posisi kita sebagai salah satu kafilah yang patut diperhitungkan pada MTQ tahun ini.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023