Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Provinsi Aceh, menghibahkan dana untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 2024 sebesar Rp19,2  miliar.

Penjabat (Pj) Bupati Simeulue Ahmadlyah di Simeulue, Selasa, mengatakan dana tersebut dihibahkan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Simeulue selaku penyelenggara pilkada.

"Penyerahan dana pilkada ini ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah atau NPHD. Penandatanganan NPHD antara Pemkab Simeulue dengan KIP Simeulue," katanya.

Ahmadlyah mengatakan pemberian dana hibah tersebut merupakan komitmen Pemkab Simeulue menyukseskan pilkada untuk memilih bupati dan wakil bupati yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

"Kami berkomitmen mendukung kesuksesan pilkada. Dan ini merupakan amanat pemerintah pusat agar pemerintah daerah menyukseskan pemilu dan pilkada pada 2024," kata Ahmadlyah.

Ketua KIP Aceh Saiful mengapresiasi Pemkab Simeulue yang berkomitmen mendukung kesuksesan pilkada dengan memberikan dana hibah daerah sebesar Rp19,2 miliar.

"KIP selaku penyelenggara pilkada mengelola dana hibah tersebut secara transparan, akuntabel, dan efisien. Kami juga berharap pilkada di Kabupaten Simeulue berjalan baik dan lancar," kata Saiful.

Pilkada di Kabupaten Simeulue dilaksanakan untuk memilih pasangan calon bupati dan wakil yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki delapan kecamatan dengan 135 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023