Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Hendri Yono menyerahkan bantuan sekaligus meninjau langsung kondisi masyarakat terdampak banjir bandang di wilayah Kacamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan.

"Semoga saudara-saudara kami bersabar atas musibah ini dan Insya Allah, Allah memberi ganti yang lebih baik lagi," kata Hendri di Aceh Selatan, Minggu.

Saat peninjauan, Hendri bersama rombongan turut membantu masyarakat membersihkan Masjid Al-Ihsan Gampong Ladang Rimba dan rumah penduduk dari kubangan lumpur. 

Ia juga memberi semangat kepada para korban untuk bersabar atas musibah itu, sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan pangan berupa sembako dan pakaian layak pakai kepada masyarakat.

Hendri meminta kepada semua pihak untuk ikut bersama-sama berpartisipasi membantu masyarakat terdampak banjir Trumon, baik membantu pembersihan maupun membantu kebutuhan masyarakat.

"Kita sangat prihatin atas kondisi ini dan kami mengajak semua pihak untuk sama-sama bahu membahu membantu saudara kita yang terkena musibah sehingga dapat pulih kembali dengan cepat," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR RI mintaPUPR perbaiki kerusakan akibat banjir di Aceh

Selain itu, anggota DPRA dua periode itu juga meminta kepada Pemerintah Aceh agar menurunkan alat berat guna melakukan pembersihan secara maksimal di sejumlah lokasi yang tidak bisa dilakukan pembersihan secara manual.

"Kita minta pemerintah untuk menurunkan alat berat untuk membersihkan kayu serta saluran parit yang memang tidak bisa dilakukan secara manual," ujarnya.

Saat ini, kata dia, masyarakat Trumon masih membutuhkan penanganan maksimal, baik dari kebutuhan pangan, pakaian maupun air bersih. 

"Kami meminta Pemerintah Aceh segera merespon cepat sehingga kebutuhan masyarakat tercukupi, bahkan saat ini diperlukan penambahan tangki air untuk menampung air bersih yang dibutuhkan warga," ujarnya.

Pemerintah Aceh juga diminta segera mengeluarkan kebijakan dan mengalokasikan anggaran untuk penanganan banjir di Trumon.

Baca juga: Pj Bupati Abdya bantu warga Trumon yang terkena banjir bandang

Pewarta: Khalis

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023