Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, menjadikan perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Aceh di daerah itu menjadi ajang promosi pariwisata kabupaten kepulauan itu.

"Penyelenggaraan MTQ ini kami jadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan sejumlah destinasi pariwisata di Simeulue," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin di Simeulue, Selasa.

Ia mengatakan MTQ tersebut diikuti sebanyak 1.761 peserta dari 23 Kabupaten kota di Aceh. MTQ digelar 26 November hingga 2 Desember 2023 merupakan kegiatan besar yang dipercayakan Simeulue menjadi tuan rumah. 

Asmanuddin menyebutkan Kabupaten Simeulue memiliki sejumlah objek wisata yang dapat dikunjungi para peserta maupun pengunjung MTQ dari 23 kabupaten kota di Provinsi Aceh.

Sejumlah destinasi pariwisata tersebut meliputi wisata pantai, gunung, air terjun, kuliner, danau, dan budaya. Termasuk kuliner dari hasil laut yang menjadi andalan di Kabupaten Simeulue.

Tidak hanya itu, objek wisata religi juga banyak di kabupaten kepulauan di Samudera Hindia tersebut. Di antaranya ada kuburan ulama Tengku Khalilullah atau Tengku di Ujung. Tengku di Ujung dikenal sebagai orang pertama yang mensyiarkan Islam kepada masyarakat Simeulue.

Selain itu, ada juga beduk dan mimbar masjid tertua di Kabupaten Simeulue, yang terdapat di Desa Lataling, Kecamatan Teupah Selatan. Beduk dan mimbar tersebut berusia ratusan tahun.

"Selain mengunjungi MTQ, masyarakat yang berkunjung ke Simeulue dapat menikmati objek-objek wisata tersebut. Kami juga berharap bagi yang pernah mengunjungi pariwisata Simeulue juga menyampaikannya kepada kerabatnya di daerah asal," kata Asmanuddin

Guna mendukung promosi pariwisata tersebut, kata Asmanuddin, pihaknya juga membuka anjungan khusus di lokasi penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Aceh tersebut.

"Anjungan tersebut menjadi pusat informasi pariwisata di Kabupaten Simeulue. Kami juga membagikan brosur serta menayangkan video khusus pariwisata," kata Asmanuddin.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023