Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai menerapkan pembayaran melalui aplikasi yang tersedia melalui gawai sebagai upaya mempermudah masyarakat, dalam membayar pajak daerah.

“Penerapan ini bertujuan untuk memudahkan pemerintah maupun masyarakat, dalam membayar pajak daerah maupun retribusi daerah. Kalau dulu dibayar manual, sekarang bisa dibayar secara daring,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Ali Munir di Suka Makmue, Rabu.

Ada pun jenis aplikasi yang bisa digunakan untuk membayar pajak secara daring tersebut diantarnya seperti aplikasi OVO, GoPay, Dana, Tokopedia dan sejumlah aplikasi lainnya termasuk melalui gerai toko ritel di seluruh Indonesia.

Baca juga: Nagan Raya tetapkan status darurat banjir sampai 4 Desember 2023

Ia menyebutkan, kemudahan tersebut disepakati setelah Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Nagan Raya, Aceh, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Penyediaan Billing Provider atau Biling Aggregator untuk pembayaran tagihan pelanggan secara daring,  melalui Collecting Agent dengan PT Fortuna Mediatama.

“Setelah penandatanganan kerja sama ini kita lakukan, masyarakat tidak perlu lagi pergi ke tempat pembayaran pajak karena cukup membayar pajak melalui aplikasi yang telah tersedia,” kata Ali Munir menambahkan.

Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh Amran Yunus mengatakan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) adalah sebuah upaya terpadu dan terintegrasi, untuk mengubah pembayaran pajak dan retribusi serta belanja tunai menjadi nontunai berbasis digital.

“Tujuan ETPD ini untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama ini, pemerintag daerah berharap menjadi momentum dan babak baru modernisasi pembayaran pajak daerah pada Pemerintah Kabupaten Nagan Raya.

Menurutnya, Kabupaten Nagan Raya menjadi yang terdepan dalam penerapan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah melalui E-commerce pada pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Direktur PT Fortuna Mediatama Sukamto Bernat G mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, telah mengajak pihaknya bersama-sama dalam rangka meningkatkan serta membantu sistem pembayaran yang ada di Kabupaten Nagan Raya.

"Salah-satu manfaat kerja sama ini adalah untuk memudahkan pemerintah maupun masyarakat dalam upaya menunaikan kewajibannya dalam membayar pajak," kata Sukamto.

Dijelaskan, PT Fortuna Mediatama sendiri saat ini sudah membuka saluran online yang sangat luas, diantaranya Tokopedia, Shopee, Blibli, Dana, Ovo, GoPay dan beberapa aplikasi sejenis lainnya.

"Harapannya dengan saluran-saluran yang dimiliki semoga dapat memudahkan kita dalam mengintegrasikannya dalam Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, dalammelayani masyarakat maupun pemerintah untuk membayar pajak," imbuh Sukamto.

Baca juga: BREAKING NEWS - Beutong Ateuh Nagan Raya diterjang banjir, ratusan warga mengungsi

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023