Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Tengah Subhandhy menyatakan pemenuhan dan perlindungan hak bagi penyandang disabilitas harus menjadi komitmen bersama demi mewujudkan kesejahteraan bagi para penyandang disabilitas tanpa terjadinya diskriminasi dan kesenjangan sosial. 

"Kita akan selalu memberikan dukungan dan perhatian khusus kepada para penyandang disabilitas dalam menyediakan akses pelayanan, pemenuhan hak-hak, dan perhatian terhadap kesejahteraan para penyandang disabilitas," katanya saat acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Takengon, Senin. 

Ia menjelaskan peringatan Hari Disabilitas Internasional juga harus menjadi momentum untuk terus meningkatkan pemahaman tentang isu-isu disabilitas dan memobilisasi dukungan martabat, hak-hak, dan kesejahteraan bagi para penyandang disabilitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Tengah Ishak mengatakan kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional bertujuan untuk menghormati dan memajukan hak serta kesejahteraan para penyandang disabilitas.

Menurutnya, upaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap situasi para penyandang disabilitas harus terus dilakukan di setiap aspek kehidupan.

"Ada 900 lebih difabel di Aceh Tengah yang memiliki semangat yang luar biasa dalam menjalankan kehidupanya selama ini. Kita berharap penyandang disabilitas dapat dilibatkan dalam semua aspek pembangunan dan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Aceh Tengah kembangkan budi daya kerang mutiara air tawar

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023