Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat meningkatkan perekaman KTP elektronik (e-KTP) kepada pelajar SMA sederajat, sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Perekaman e-KTP ini untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Aceh Barat Saijal Wahbi di Aceh Barat, Sabtu.

Ia mengatakan perekaman administrasi kependudukan terutama KTP elektronik tersebut merupakan implementasi dan penerapan inovasi Disdukcapil Kabupatan Aceh Barat yaitu sistem layanan integratif langsung beres di sekolah.

“Pelajar yang menjadi sasaran program perekaman tersebut merupakan siswa yang sudah memasuki usia wajib KTP,” katanya menambahkan.

Saijal menyebutkan perekaman KTP tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memudahkan masyarakat mendapatkan layanan langsung perekaman kartu identitas kependudukan, sekaligus pengaktivasian identitas kependudukan digital (IKD) tanpa harus mendatangi disdukcapil setempat.

Ia menyebutkan kegiatan tersebut juga mendapat dukungan sepenuhnya dari Dinas Pendidikan Aceh melalui Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Aceh Barat dan pelaksanaannya juga ikut  difasilitasi oleh Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA). 

Saijal menuturkan kegiatan perekaman semacam ini direncanakan akan terus dilaksanakan ke seluruh sekolah, madrasah dan pesantren yang tersebar di seluruh Kabupaten Aceh Barat. Dengan harapan seluruh masyarakat terutama yang sudah memasuki usia wajib KTP elektronik dapat difasilitasi melalui layanan yang memudahkan ini. 

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang sudah berusia wajib KTP elektronik untuk segera melakukan perekaman, baik dengan mendatangi instansi pelaksana maupun melalui kegiatan perekaman KTP elektronik.

Menurutnya, identitas kependudukan berupa KTP elektronik merupakan identitas dasar yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara. 

"Dengan memiliki KTP elektronik, akan memudahkan dan melancarkan semua urusan dan berbagai keperluan layanan dasar lainnya," demikian Saijal Wahbi.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023