Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memberikan beasiswa kepada 1.225 mahasiswa asal daerah itu.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Kamis, mengatakan penerima beasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi.

"Beasiswa ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap generasi muda Aceh Selatan dalam menyelesaikan pendidikan tinggi di berbagai jenjang," kata Cut Syazalisma.

Beasiswa tersebut diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan juga bagi mereka yang kurang mampu. Dari 1.225 penerima beasiswa, sebanyak 574 orang merupakan mahasiswa kurang mampu dan 651 orang lainnya adalah mahasiswa berprestasi.

Adapun jumlah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa kurang mampu yakni untuk diploma tiga sebesar Rp1,25 juta, diploma empat dan strata satu masing-masing Rp1,75 juta, dan strata dua Rp2 juta Beasiswa diberikan per mahasiswa per tahun.

Sedangkan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi yakni pendidikan diploma tiga Rp1,95 juta, diploma empat dan strata satu masing-masing Rp2,25 juta, dan strata dua Rp2,75 juta. Beasiswa diberikan per mahasiswa per tahun.

Cut Syazalisma mengatakan pendidikan merupakan investasi jangka panjang. Oleh karena itu, Pemkab Aceh Selatan terus berupaya melahirkan sumber daya manusia yang handal di masa yang akan datang.

"Pemerintah daerah turut serta menjamin keberlangsungan proses pendidikan generasi muda terbaik Aceh Selatan yang kini sedang menempuh pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi," katanya.

Oleh karena itu, Cut Syazalisma mengatakan dengan pemberian beasiswa tersebut, putra putri asal Aceh Selatan, baik yang berprestasi maupun kurang mampu tidak lagi terkendala biaya dalam menyelesaikan pendidikan tingginya.

Program beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Aceh Selatan bagi mahasiswa berprestasi dan berdaya saing. Sebab, mereka adalah penerus pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan pada mendatang," katanya.

Pj Bupati Aceh Selatan itu mengingatkan para penerima beasiswa agar memanfaatkannya dengan baik guna mendukung pendidikan tinggi yang sedang dijalani.

"Belajarlah dengan sungguh-sungguh, sehingga menjadi generasi yang melanjutkan estafet pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan," kata Cut Syazalisma.
 

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023