Masa kampanye pada hari ke-30, Rabu (27/12),  dimanfaatkan para pasangan Capres dan Cawapres untuk berkampanye di berbagai daerah di Indonesia, mereka saling menebar janji, visi, dan misi untuk menggaet suara rakyat.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan Capres dan Cawapres untuk kembali Anda simak.

Anies-Muhaimin

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berkampanye di DKI Jakarta. Mengawali hari, Anies dan Muhaimin menghadiri deklarasi dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Jakarta.

Anies Baswedan yakin bisa membawa perubahan setelah mendapat deklarasi dukungan dari Keluarga Besar HMI. Menurut dia, HMI merupakan organisasi dengan kader sangat banyak karena menjadi salah satu organisasi paling awal berdiri di Indonesia.

Baca juga: Anies kritik soal SGIE versi Gibran, begini tanggapan santai Kaesang
 
Relawan AMIN menghadiri acara silaturahmi relawan Anies - Muhaimin (AMIN) se Banten di Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/12/2023). Dalam silaturahmi tersebut relawan sepakat dan yakin memenangkan pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 1 di Provinsi Banten, dengan target perolehan suara mencapai 60 persen. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/Spt. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Setelah menerima deklarasi itu, Muhaimin atau akrab disapa Cak Imin bertolak menuju Banten. Di sana, ia menghadiri silaturahmi Relawan Anies-Muhaimin (AMIN) se-Banten yang bertempat di Tangerang.

Dalam orasinya di acara tersebut, Cak Imin mengibaratkan Indonesia sebagai mobil yang jalannya lambat. Menurut dia, Indonesia sebagai sebuah mobil memiliki bensin serta hal lainnya yang lengkap dan mampu melaju cepat.

Akan tetapi, sambung Cak Imin, belum ada sopir yang mampu mengendarai mobil itu dengan bersungguh-sungguh. Ia yakin, dirinya dan Anies siap mengemudikan mobil tersebut dengan sepenuh hati untuk mencapai kecepatan yang tinggi.
 

Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengambil cuti sebagai Menteri Pertahanan RI untuk menghadiri acara deklarasi Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air (Gempita) di Bandung, Jawa Barat. Sementara itu, pasangannya, Gibran Rakabuming Raka kembali bekerja sebagai Wali Kota Surakarta.

Prabowo berterima kasih dan tidak akan mengecewakan dukungan yang diberikan Gempita. Menurut dia, harapan dan dukungan dari Gempita merupakan wujud kepercayaan mereka terhadap dirinya.

Ia pun mengajak umat Islam untuk tidak mudah terprovokasi dan terpecah-belah, terutama selama tahun politik. Dia meminta umat Islam untuk mewaspadai berbagai upaya yang bertujuan memecah belah sesama Muslim.

Baca juga: Survei Capres versi CSIS: elektabilitas Prabowo-Gibran masih unggul dengan 43,7 persen

Selain itu, ia kembali memperkenalkan program yang diusung Prabowo-Gibran. Ketua Umum Partai Gerindra tersebut kembali menegaskan bahwa hilirisasi, antikorupsi, dan digitalisasi menjadi kunci untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai negara maju pada 2045.

Dari Bandung, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadiri perayaan Natal Nasional 2023 di Graha Bethany Nginden bersama Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri.
 
Pendukung Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menghadiri deklarasi dukungan dari Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air (Gempita) di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12/2023). Dalam kunjungan ke Bandung, Prabowo berkesempatan untuk menghadiri deklarasi dukungan dari Gempita untuk Pemilu Presiden pada Februari 2024 mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)


Ganjar-Mahfud

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berpencar di beberapa provinsi di Pulau Jawa. Ganjar berkampanye di Jawa Tengah dan berkunjung ke Yogyakarta, sedangkan pasangannya, Mahfud menyambangi Jawa Barat dan Jawa Timur.

Ganjar mengunjungi Gudang Tembakau Empatlima di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Ganjar turun langsung ke Klaten untuk menyerap aspirasi petani, pengusaha, serta masyarakat setempat terkait komoditas tembakau.

Baca juga: Mengenal program "1 Keluarga Miskin 1 Sarjana" dari Ganjar, terinspirasi pengalaman pribadi
 
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) menyapa masyarakat saat mengunjungi Wisata Bumdes Cokro di Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023). Dalam kampanyenya di Klaten, Ganjar Pranowo bertemu dan berdialog dengan petani tembakau, mengunjungi Bumdes Cokro dan berbincang dengan milenial, influencer dan relawan muda Ganjar-Mahfud. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)


Pada kesempatan itu, ia berbicara soal berbicara soal potensi menggencarkan riset hilirisasi tembakau untuk dijadikan produk lain, selain rokok. Ia berharap para petani tembakau di Klaten dapat belajar dari sejumlah daerah di Jawa Tengah yang bisa mengekspor tembakau-tembakau berkualitas tinggi.

Sementara itu, Mahfud mengunjungi Pondok Pesantren Nurul Hidayah Tahfidzul Qur'an di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Selanjutnya, Mahfud bertolak ke Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadiri peringatan Hari Natal Nasional 2023 di Graha Bethany Nginden.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Round up kegiatan capres-cawapres pada hari ke-30 masa kampanye

Pewarta: Fath Putra Mulya

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023