Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - PT Pelindo I siap memajukan sektor pariwisata di Provinsi Aceh, sebagai salah satu upaya menunjang perekenomian daerah.

Sebagai bentuk partisipasi Pelindo I terhadap kemajuan pariwisata di Aceh terutama di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya, Pelindo I menggelar Festival Budaya dan Kuliner bertajuk "Lhokseumawe Beranda Depan Indonesia", kata Direktur Keuangan PT Pelindo I,    Farid Luthfi saat memberikan sambutan pada festival kuliner, Sabtu.

Lanjut Luthfi, acara dimaksud, sengaja dikembangkan menjadi lebih menarik. Selain ada bazar berbagai jenis kuliner baik kuliner lokal juga diperkenalkan kuliner luar negeri. Serta diisi dengan atrakasi seni.

Sebagaimana disebutkan oleh Direktur Keuangan Pelindo I tersebut, bahwa kegiatan festival budaya dan kuliner tersebut, baru pertama kali dilakukan oleh Pelindo I. Sehingga dapat menjadi model dalam upaya mengembangkan sektor pariwiasata di daerah. Selain daripada membantu  membangun jaringan transportasi laut, seperti pelabuhan.

"Karena apabila sektor pariwisata berkembang, maka akan memberi multi player efek terhadap berbagai perkembangan sektor perekonomian lainnya didaerah," ucap Direktur Keuangan PT.Pelindo tersebut.

Kekayaan budaya dan kuliner  harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk dapat menjadi alternatif motor pendorong perekonomian dimasa mendatang.

Apalagi, Kota Lhokseumawe akan memegang peranan penting di waktu-waktu mendatang karena Kota Lhokseumawe memiliki bonus demografi yang menjadi keuntungan tersendiri bagi Lhokseumawe.  Oleh karena itu,  mulai dari sekarang generasi muda harus diperkenalkan dan memiliki kebanggaan atas kekayaan budaya dan kulinernya.

Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi Pelabuhan Lama Lhokseumawe, Jl. Merdeka, Kota Lhokseumawe, diikuti oleh 19 penyedia kuliner lokal, Lima penyedia kuliner nasional dan internasional.

Selain itu, dihibur dengan beberapa pertunjukan kesenian lokal seperti Tarian Kipas, Tarian Ranup Lampuan serta grup band lokal  Apache.

Sementara kegiatan festival Budaya dan kuliner tersebut, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Lhokseumawe yang diwakili oleh Asisten III Miswar Ibrahim. Serta dihadiri oleh sejumlah pejabat lokal.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017