Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di pada match day 3 Piala Asia, Rabu (24/1). Pelatih timnas  Shin Tae-yong menyiapkan strategi untuk memberikan tekanan besar kepada Jepang.

"Kami sudah memikirkan segala skenario lolos ke 16 besar. Jika hasilnya datang sebelum kami bertemu Jepang, tentu itu sangat membahagiakan. Tapi saya tidak memikirkan itu, saya tetap siapkan kekuatan terbaik untuk melawan Jepang," ungkap Shin dalam konferensi pers di Doha, Qatar, Selasa.

Indonesia kini mengantongi tiga poin kemenangan yang diraih saat mengalahkan Vietnam pada match day 2, Jumat (19/1). Berkat satu kemenangan tersebut, skuad Garuda pun kini bertengger sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik untuk lolos ke 16 besar.

Baca juga: Keberuntungan warnai kemenangan Timnas atas Vietnam di Piala Asia

Peluang Indonesia masih terbuka lebar untuk keluar dari fase grup dengan catatan sejumlah pertandingan tim terbawah di grup lainnya tak melebihi perolehan poin Indonesia atau juga dengan indikator penilaian lainnya.

Meski begitu, Shin mempersiapkan segala kemungkinan untuk melalui pertandingan terakhir.

"Saya tetap memperhatikan persiapan dan detil teknis lainnya. Saya tidak mau terlalu memikirkan hasil dari grup lain," kata Shin menambahkan.

Baca juga: Asnawi hanya bisa pasrah saat diminta jadi eksekutor penalti untuk Timnas versus Vietnam

Melihat hasil pertandingan Jepang sebelumnya saat kalah dari Irak 1-2, Shin melihat ada celah bagi Indonesia untuk memberikan tambahan pengalaman buruk bagi Jepang di Piala Asia.

Namun Shin menyadari bahwa Indonesia dan Irak adalah dua tim yang belum bisa dibandingkan satu sama lain. Keduanya sangat berbeda dari segi fisik, gaya permainan, pengalaman, dan peringkat.

Oleh karenanya Shin akan melakukan pendekatan berbeda bagi timnya untuk menghadapi Jepang besok.

"Tentu dengan permainan yang berbeda, gaya yang berbeda, dan sentuhan yang berbeda untuk melawan Jepang," kata Shin.

Baca juga: Preview Piala Asia 2023, Indonesia jaga asa harus menang atas Vietnam
Baca juga: Timnas protes AFC soal gol kontroversial Irak, merasa dirugikan wasit

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Shin Tae-yong tetap gempur Jepang meski lolos grup sebelum bertanding

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024