Perum Bulog Kantor Wilayah Provinsi Aceh menyatakan persediaan beras kini mencapai 18.600 ton cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah itu hingga April 2024.

“Alhamdulillah persediaan yang ada saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk untuk penyaluran bantuan pangan beras tahap pertama tahun 2024,” kata Pemimpin Wilayah Aceh Saldi Aldryn di Aceh Besar, Rabu.

Ia menjelaskan kebutuhan pangan per bulan untuk program  bantuan pangan beras tahap pertama tahun 2024 di Aceh sebanyak 530.914 Penerima Bantuan Pangan (PBP) atau 5.309 ton per bulan.

“Artinya, persediaan yang ada cukup untuk penyaluran tiga bulan ke depan dan kita juga akan mendapat pasokan beras impor untuk penguatan stok di gudang Bulog,” katanya.

Pimwil Bulog tersebut mengatakan pihaknya juga akan mendapat tambahan sekitar 10 ribu ton beras impor dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Ia menyebutkan pada tahun 2023 program Bantuan Pangan diberikan sebanyak 7 alokasi (Maret sd Mei dan September sd Desember 2023) telah sukses dan berhasil mengurangi laju inflasi di Indonesia (2,61 persen) dan khususnya di Aceh (1,53 persen).

Adapun realisasi penyaluran Bantuan Pangan di Provinsi Aceh saat ini sudah mencapai 1.722 ton dari alokasi per bulan sebesar 5.309 Ton ( 32.44 persen ).

Pihaknya berharap masyarakat penerima manfaat untuk dapat mengkonsumsi beras yang diberikan tersebut karena beras yang diberikan kualitas premium.

Baca juga: Aceh Besar salurkan bantuan pangan tahap pertama

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024