Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto meluncurkan penyaluran bantuan pangan cadangan beras Pemerintah tahap I tahun 2024 di kabupaten setempat dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu.

"Penyaluran bantuan ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu khususnya di Kabupaten Aceh Besar dan menekan inflasi," kata Muhammad Iswanto di Kecamatan Peukan Bada, Rabu.

Ia menyebutkan pagu untuk Kabupaten Aceh Besar sebesar 40.169 Penerima Bantuan Pangan (PBP) atau 401,69 Ton per bulan dan khusus untuk Kecamatan yang menjadi tempat peluncuran perdana disalurkan kepada 1.039 penerima manfaat yang tersebar di 26 Gampong.

Ia menjelaskan bantuan pangan dari pemerintah tersebut untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menekan kenaikan harga beras di pasaran.

"Kami berharap dengan penyaluran bantuan pangan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat," katanya.

Muhammad Iswanto menambahkan sebelum penyaluran bantuan pangan cadangan beras, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pangan Aceh Besar agar menvalidkan data penerima sehingga penyalurannya bisa cepat dilakukan dan tepat sasaran.

Pemimpin Wilayah Aceh Saldi Aldryn mengatakan persediaan beras di gudang perusahaan tersebut sangat cukup untuk melaksanakan penyaluran bantuan pangan cadangan beras untuk keluarga penerima manfaat.

Adapun bantuan pangan beras tahap pertama tahun 2024 yang didistribusikan PT Pos kepada  530.914 PBP  atau 5.309 ton beras per bulan untuk Provinsi Aceh.

Bantuan yang didistribusikan tahap pertama tersebut untuk alokasi Januari, Februari dan Maret kemudian akan dilanjutkan untuk tahap kedua dengan alokasi April, Mei dan Juni.

"Pihaknya berharap bantuan pangan beras yang disalurkan tersebut dapat membantu masyarakat penerima manfaat dan dapat menekan kenaikan harga beras di pasaran," katanya.
Dalam peluncuran tersebut turut hadir Kepala Dinas Pangan Aceh Surya Rayendra dan  Executive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Banda Aceh Nur Zamaludin.

Baca juga: Cara Aceh Besar tingkatkan kerja sama daerah jaga inflasi bahan pangan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024