Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar mensosialisasikan Pemilu 2024 kepada warga binaan di Lapas Kelas II A Banda Aceh guna memberikan pemahaman terkait pemungutan suara.
 
"Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi warga binaan terkait pemungutan suara pada hari Rabu 14 Februari 2024 sehingga mereka memahami teknis dan tata cara pemungutan suara " kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Kabupaten Aceh Besar Miswar di Lambaro, Selasa.
 
Ia menjelaskan dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menunjukkan Jenis Surat Suara yaitu untuk Suara Suara Presiden warna (Abu-abu), DPR RI (kuning), DPD RI (merah), DPRD Provinsi/DPRA (biru), dan DPRD Kab/Kot-DPRK (hijau).
 
"Pemberian surat suara kepada pemilih (warga binaan) disesuaikan dengan domisili sehingga dari lima jenis surat suara belum tentu mendapat semuanya," kata Miswar yang turut didampingi Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Parmas Nurrahmawati.

Baca juga: KIP: Tujuh TPS Pemilu 2024 di Aceh Selatan berada di wilayah 3T
 
Miswar berharap sosialisasi tersebut bisa memaksimalkan partisipasi warga binaan menggunakan hak suaranya sesuai dengan perolehan surat suara pada Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Aceh Besar.
 
Ia menambahkan kegiatan yang dilakukan tersebut untuk memberikan pemahaman yang baik kepada seluruh warga binaan sehingga pada hari pelaksanaan mereka tidak bingung dalam memberikan hak politiknya.
 
KIP Aceh Besar menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi nya kepada seluruh jajaran lapas Kelas II A Banda Aceh atas fasilitasi dan kerja sama dalam terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut.
 
Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 
Pemilu legislatif di Aceh Besar, selain diikuti 18 partai politik nasional juga ada enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Geuneurasi Atjeh Beusaboh Tha'at (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh (PA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).
 
Baca juga: Pemerintah Aceh: Kesehatan petugas pemilu dan pilkada diperhatikan

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024