Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA meraih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023, penghargaan jurnalistik tertinggi di Indonesia.

Sekretaris Perum LKBN ANTARA Indri Prasetyowati dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Rabu, penghargaan tersebut untuk kategori liputan media televisi berjudul "Asa Pencari Keadilan".

"Liputan media ini tentang catatan sejarah perjalanan penegakan HAM di Indonesia dan bagaimana pemerintah mulai menunjukkan pendekatan yang berbeda dalam menangani kasus pelanggaran HAM," katanya.

Baca juga: Dirkeu ANTARA Nina Kurnia Dewi raih gelar Doktor Manajemen Bisnis

Video jurnalistik "Asa Pencari Keadilan" merupakan karya tim ANTARA terdiri Hilary Pasulu, Prisca Triferna, Syamsul Rizal, Soni Namura, Keysa Anisa, Nabila Charisty, dan Nayla Rachman.

Video jurnalistik tersebut diawali pengakuan Presiden RI Joko Widodo terkait kebenaran pelanggaran HAM berat pernah terjadi di Indonesia.

Kemudian, Presiden menandatangani Keppre Nomor 17 Tahun 2022 tentang pembentukan tim penyelesaian nonyudisial pelanggaran HAM. Tim tersebut bertugas untuk memastikan korban memiliki kehidupan layak dan berdikari.
 
Tangkapan layar pengumuman Anugerah Adinegoro di Stasiun TVRI Nasional. ANTARA

Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir mengapresiasi tim redaksi, khususnya redaksi televisi, atas pencapaian meraih penghargaan liputan media tertinggi di Indonesia.

"Penghargaan ini tentu menjadi spirit dan tambahan energi bagi ANTARA untuk terus konsisten menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara," ujar Akhmad Munir.

Baca juga: Jurnalis LKBN ANTARA Biro Aceh raih penghargaan ARC Awards 2023

Sementara itu, Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Irfan Junaidi menyampaikan rasa bangganya atas apa yang telah diraih tersebut. Anugerah Adinegoro yang diraih itu menunjukkan keseriusan Antara TV dan keluarga besar ANTARA dalam mengerjakan konten jurnalistik bagi masyarakat.
 
"Penghargaan ini sekaligus menjadi pendorong bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas informasi yang dihasilkan oleh ANTARA. Secara pribadi maupun atas nama perusahaan, saya berterima kasih atas keseriusan ini," kata Irfan.

Hilary Pasulu, produser video jurnalis "Asa Pencari Keadilan", mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada ANTARA yang sudah memberi ruang bagi tim untuk berkarya.

"Semoga penghargaan ini menjadi awal bagi kami untuk terus menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berbobot dan berdampak bagi sesama," kata Hilary Pasulu.

Pengumuman penerima Anugerah Adinegoro dilakukan melalui program bincang-bincang Hari Pers Nasional 2024 yang disiarkan langsung di Stasiun TVRI Nasional, pada 7 Februari 2024.

Anugerah Adinegoro memberikan penghargaan tujuh kategori yaitu liputan berkedalaman untuk media cetak, media siber, media televisi, dan media radio.

Selain itu, penghargaan juga diberikan untuk kategori karya foto jurnalistik media cetak dan media siber, karya karikatur opini untuk media cetak dan media siber, serta karya jurnalistik video media sosial.

Baca juga: LKBN ANTARA menaja program Rangers Muda Antara di Aceh
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024