Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantu penyediaan jaringan internet dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Selatan Munharsam di Aceh Selatan, Rabu, mengatakan penyediaan jaringan internet tersebut untuk wilayah yang tidak ada sinyal seluler atau blank spot.

"Kemenkominfo membantu penyediaan jaringan internet di beberapa wilayah yang dikenal dengan blank spot guna menyukseskan Pemilu 2024," kata Munharsam.

Menurut dia, jaringan internet tersebut menggunakan satelit dan ditempatkan di kantor pemerintahan desa. Jaringan internet tersebut nantinya digunakan penyelenggara pemilu mengambil dan mengirimkan data tentang kepemiluan.

Munharsam mengatakan bantuan penyediaan jaringan internet tersebut berdasarkan usulan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian kepada Kemenkominfo RI

"Kami usulkan untuk berapa wilayah yang mengalami blank spot. Namun, yang direalisasikan hanya untuk beberapa wilayah saja. Walau belum semua dipenuhi, tetapi yang direalisasikan juga sudah membantu pemerintah daerah mengatakan ketiadaan jaringan internet tersebut," katanya.

Munharsam menyebutkan di Kabupaten Aceh Selatan ada 48 titik tidak terjangkau jaringan internet melalui jaringan seluler. Puluhan blank spot tersebut tersebar di sembilan dari 18 kecamatan.

Wilayah yang tidak ada jaringan tersebut meliputi beberapa desa atau gampong Kluet Tengah, Trumon, Tapaktuan, Meukek, Kluet Utara, Labuhanhaji Timur, Trumon Tengah, Pasie Raya, dan Trumon Timur.

 "Kami berharap Kemenkominfo bisa membantu koneksi internet di titik-titik lainnya yang belum ada jaringan atau blank spot, sehingga distribusi informasi pada Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Selatan tidak terhambat," kata Munharsam.

Baca juga: Tak kampanyekan capres, Partai Buruh fokus menangkan pileg
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024