Pemerintah Kota Banda Aceh menyiapkan sebanyak 1.832 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang bertugas untuk membantu kepolisian dalam mengamankan hari pencoblosan dan perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin di Banda Aceh, Kamis, secara langsung mengecek kesiapan Satlinmas sekaligus menyerahkan pasukan ke Polresta Banda Aceh saat apel gelar pasukan Satlinmas dalam rangka pemilu serentak 2024.

“Nanti mereka (Satlinmas) yang berada di depan untuk melakukan pengamanan, kenyamanan, ketertiban masyarakat yang akan melaksanakan pencoblosan pada 14 Februari 2024,” kata Amiruddin.

Baca juga: Pemkot Lhokseumawe siagakan 978 Linmas untuk bantu pengamanan pemilu

Ia menjelaskan Menteri Dalam Negeri telah memerintahkan kepada jajaran Satlinmas untuk terlibat secara aktif sebagai pengaman langsung, yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Satlinmas memiliki tanggung jawab yang besar dan berada di barisan terdepan dalam penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban. Satlinmas menjadi sosok yang paling diandalkan dalam penyelesaian gangguan keamanan.

“Sebab memiliki ikatan emosional yang dekat dengan masyarakat setempat, bertugas di lingkungan tempat tinggal sendiri,” katanya.

Ia menambahkan Pemilu 2024 di Banda Aceh akan digelar di 618 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 90 gampong dalam sembilan kecamatan.

Jumlah warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Banda Aceh sebanyak 169.146 orang, meliputi 81.205 orang laki-laki dan 87.941 orang perempuan.

Pj wali kota Banda Aceh menyerahkan secara langsung sebanyak 1.832 orang personel Satlinmas kepada Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli di Bawah Kendali Operasi (BKO) dalam rangka mendukung pemilu serentak di setiap TPS.

Ia berharap, apel ini dapat meningkatkan kapasitas, disiplin dan semangat pelayanan Satlinmas, serta merupakan wujud nyata kebersamaan dan komitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, serta memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat Banda Aceh.

“Kami optimis Satlinmas Banda Aceh akan memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Selain itu, Amiruddin juga mengingatkan para penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga netralitas. Memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengedepankan prinsip netralitas dalam setiap tindakan dan keputusan.

“Oleh karenanya, netralitas harus kita junjung tinggi dalam melaksanakan tugas da tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Baca juga: Pemkot Banda Aceh-PLN kerja sama pungut pajak penerangan jalan umum

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024