Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur menyatakan pesta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh yang digelar Juli 2024 menjadi ajang peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Kami terus berupaya mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Popda Aceh. Kami perlu dukungan semua pihak menyukseskan perhelatan olahraga tersebut," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Kamis.

Syahril menambahkan pergelaran Popda Aceh di Kabupaten Aceh Timur punya keunggulan tersendiri. Pasalnya setiap cabang olahraga yang dilombakan dan dipertandingkan berada dalam satu kawasan.

"Ini adalah keunggulan kita. Setiap atlet serta ofisial sangat mudah mengakses kegiatan karena venue kita berada dalam satu kawasan," kata Syahril.

Baca: Pj Bupati Aceh Timur sebut wartawan dibutuhkan mengisi pembangunan

Syahril menyebutkan jumlah total atlet yang bakal hadir mencapai 5.800 orang. Sementara ofisial diperkirakan bakal hadir 3.000 orang. Secara keseluruhan, diperkirakan hadir 8.800 orang dari berbagai kabupaten kota di Aceh.

Jumlah tamu akan bertambah lantaran adanya tambahan perlombaan empat cabang olahraga yaitu tinju, tarung derajat, kempo, dan anggar yang sebelumnya 12 cabang olah raga menjadi 16 cabang olah raga.

"Tentunya akan menambah venue arena pertandingan, dan yang pastinya Aceh Timur siap melaksanakan dan mempersiapkan ke 16 cabang olagraga tersebut," kata Syahril.

Syahril juga memaparkan berbagai progres pembangunan lain untuk mendukung venue pada Popda Aceh. Di antaranya yang sedang digenjot pembangunannya yaitu renovasi Gedung IDI Sport Center (ISC).

Baca: Anggota DPR Aceh minta Medco bantu bangun fasilitas RSUD Zubir Mahmud

"Berbagai pembangunan dalam menunjang fasilitas untuk POPDA terus kita benahi. Semoga setiap venue nantinya bisa memuaskan atlet dalam bertanding sesuai standarisasi," kata Syahril. 

Ketua PWI Aceh Timur Ilyas Ismail  mendukung penuh perhelatan Popda di Aceh Timur. Pasalnya, Popda merupakan event positif yang dinilai akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan pembangunan Aceh Timur.

"Kami mendukung penuh kegiatan Popda Aceh. Popda Aceh harapan kita bersama dan perlu kita kawal agar bisa kita gelar. POPDA juga ajang kita promosikan progres pembangunan Aceh Timur yang sudah ada," kata Ilyas.

Baca: Sebanyak 44.476 KPM di Aceh Timur terima bantuan pangan
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024