Pemerintah Kabupaten Aceh Barat pada tahun anggaran 2024 mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,4 miliar lebih, guna melakukan penataan ruas jalan dan pedestrian ke lokasi wisata Tugu Teuku Umar Johan Pahlawan, di kawasan Pantai Batu Putih Ujung Kalak, Meulaboh, kabupaten setempat.

“Pembangunan jalan dan pedestrian ini sebagai upaya pemerintah daerah meningkatkan kunjungan wisata ke daerah, sekaligus mendukung peningkatan ekonomi dan investasi,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Barat, Dr Kurdi kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa.

Ia menyebutkan, ada pun ruas jalan yang akan dilakukan pengaspalan di lokasi wisata tersebut sepanjang 840 meter, dan pembangunan pedestrian di kawasan wisata Tugu Teuku Umar Johan Pahlawan di Pantai Batu Putih Meulaboh sepanjang 158 meter.

Kemudian peningkatan peningkatan jalan dan pedestrian kawasan wisata tersebut sepanjang 238 meter.

Ada pun sumber anggaran dalam pembangunan jalan dan pedestrian ini, kata Dr Kurdi, berasal dari dana bagi hasil (DBH) dan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024.

Kurdi mengatakan pembangunan tersebut ditargetkan akan selesai pada triwulan ketiga tahun 2024, sehingga diharapkan akses masyarakat ke lokasi wisata bahari dan kuliner semakin meningkat di Kabupaten Aceh Barat.

Ia juga menyebutkan pembangunan tersebut merupakan bukti kepedulian pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan ke lokasi wisata, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor wisata bahari, kuliner, UMKM dan potensi wisata daerah.

"Pembangunan ini merupakan salah satu gagasan dari Pj Bupati Aceh Barat, Bapak Mahdi Efendi yang fokus dalam membangun sarana publik, dan meningkatkan pembangunan di segala sektor termasuk di sektor wisata guna mendukung perekonomian masyarakat," demikian Dr Kurdi.

Baca juga: Ajang Sabang Marine Festival libatkan banyak UMKM dan pelaku seni

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024