Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan (KPU/KIP) Kabupaten Aceh Barat mencatat adanya kenaikan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mencapai 89,9 persen dari total warga yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 143.205 pemilih.

“Alhamdulillah, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Aceh Barat mengalami kenaikan dengan tingkat partisipatif pemilih mencapai 89,9 persen, atau sebanyak 128 ribuan pemilih dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 143.205 pemilih,” kata Ketua KPU/KIP Kabupaten Aceh Barat Cici Darmayanti di Aceh Barat, Senin.

Pada Pemilu 2019, jumlah partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suara tercatat mencapai 86 persen atau sebesar 113.678 pemilih, dari total masyarakat yang terdaftar dalam pemilih tetap (DPT) sebanyak 132.184 pemilih.

Meski terus berupaya melakukan finalisasi angka partisipatif pemilu secara riil, lembaga penyelenggara Pemilu tersebut menyambut baik adanya peningkatan jumlah masyarakat yang ikut memberikan hal suara pada pesta demokrasi kali ini.

Cici Darmayanti menyebutkan meningkatnya partisipatif pemilih pada Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Barat, disebabkan karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memberikan hak suara pada pesta demokrasi lima tahunan di daerah tersebut.

Selain itu, peningkatan ini juga diperoleh karena adanya peran dari pemilih pemula, masyarakat disabilitas serta masyarakat umum lainnya yang ingin memilih wakil
rakyat duduk di parlemen, serta menyukseskan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Peningkatan tersebut juga terjadi karena adanya peran semua elemen di Kabupaten Aceh Barat, yang ingin menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu telah berlangsung sukses, aman dan lancar tanpa ada kendala apa pun.

KIP Aceh Barat juga mencatat dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Aceh Barat juga tidak terdapat pemungutan suara ulang (PSU), sehingga pesta demokrasi berjalan lancar dan aman.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah, TNI, Polri, Satgaslinmas, KPPS, PPS, PPK dan semua pihak yang telah menyukseskan Pemilu 2024,” kata Cici Darmayanti.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024