Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mencatat adanya penurunan angka kemiskinan ekstrem mencapai 3,23 persen pada tahun 2023 lalu.

“Pada tahun 2022, angka kemiskinan ekstrem di Nagan Rata mencapai 3,63 persen. Ada penurunan sekitar 0,40 persen,” kata Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas di Suka Makmue, Jumat.

Fitriany mengatakan angka penurunan ekstrem tersebut diperoleh berdasarkan surat pemberitahuan hasil perhitungan estimasi angka kemiskinan ekstrem tingkat kabupaten/kota tahun 2023, dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Kepada Gubernur Aceh.

Ia menjelaskan, penurunan angka kemiskinan mencapai 0,40 persen tersebut telah menyebabkan 620 jiwa masyarakat di Kabupaten Nagan Raya tidak lagi termasuk dalam kategori miskin.

Data jumlah warga di daerah tersebut yang termasuk dalam kemiskinan ekstrem hingga tahun 2023 lalu berjumlah sebanyak 5.570 jiwa.

Atas penurunan angka kemiskinan ini, Fitriany Farhas mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya yang terus berupaya mengentaskan kemiskinan. 

Ia juga menyebutkan bahwa turunnya angka kemiskinan ekstrem di tahun 2023 adalah hasil kerja keras semua pihak. 

Fitriany Farhas juga meminta kepada Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Nagan Raya serta semua pemangku kebijakan, untuk terus bekerja keras secara maksimal dengan inovasi dan kolaborasi sehingga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nagan Raya bisa terus meningkat.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh usulkan bantuan angkutan umum ke Kemenhub

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024