Sabang (ANTARA Aceh)  -  Kota Sabang di Aceh secara resmi mengawali Program Gowes Pesona Nusantara setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melepas 15 pesepeda di Sabang Fair, Sabtu.

Ke-15 pembalap tersebut selanjutnya akan meneruskan petualangan menempuh jarak 5.000km dan akan berakhir pada 9 September mendatang di Candi Borobudur, Jawa Tengah, bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional.

Gowes Pesona Nusantara 2017 yang merupakan salah satu program unggulan Kemenpora dalam Gerakan #AyoOlahraga, secara bersamaan juga digelar di TARAKAN (Kaltara), Merauke (Papua) dan Atambua (NTT).

Para pembalap dari keempat penjuru mata angin tersebut akan menyelesaikan lomba di komplek Candi Borobudur pada waktu bersamaan.

Medan berliku, menanjak, menuruni bukit bahkan gunung dan membelah hutan serta panorama laut disisi kiri jalan menjadi tantangan tersendiri bagi para pesepeda pembawa Tanah dan Air Nusantara menuju Gunung Tidar, Magelang, di mana nantinya tanah dan Air Nusantara itu akan dijadikan monumen di daerah tersebut.

"Inti dari program ini adalah mengajak masyarakat di seluruh wilayah yang dilalui agar memulai hidup sehat dengan berolahraga,"  kata Imam pada acara yang juga dimeriahkan oleh ribuan warga Kota Sabang melalui kegiatan sepeda dan jalan santai.

Sebelum melepas keberangkatan, terlebih dahulu diadakan seremoni di Titik Nol Kilometer,  yaitu pengambilan tanah dan air dari kota Sabang oleh perwakilan pemuda setempat yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden  Isnanta
    
Air dan tanah tersebut diletakkan ke dalam cawan kemudian dibungkus oleh kain Sehab Aceh sebelum diserahkan kepada mantan pebulu  tangkis Icuk Sugiarto selaku salah satu duta olahraga, untuk dibawa dan disatukan dengan tanah dan air daerah  lain di Magelang..

"Kami harapkan kegiatan ini bisa mencetak rekor. Minimal MURI. Kami akan mencatatkan panjang lintasan yang akan dilalui. Kegiatan seperti ini saya kira belum pernah dilakukan di Indonesia," kata Raden Isnanta menegaskan.

Selain mencanangkan Gowes Nusantara, Kemenpora  juga menggelar program Galadesa yang mempertandingkan cabang sepak bola,  bulutangkis,  tenis meja,  atletik,  sepak takraw dan bola voli.

Sedikitnya ada 136 kabupaten/kota yang bakal terlibat dalam kegiatan ini.

Pewarta: Atman Ahdiat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017