Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan akan menggelar pasar murah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh Selatan, Saiful Rahman di Tapaktuan, Senin mengatakan, pasar murah yang dimulai tanggal 18 Mei 2017 akan berlangsung  dalam dua tahap.

"Untuk menjamin agar stok bahan pokok tetap stabil maka Pemkab Aceh Selatan menggelar pasar murah dalam dua tahap, yakni tahap pertama dimulai 18 Mei 2017 tepat menjelang datangnya bulan puasa di 12 titik lokasi yang tersebar di 18 kecamatan  selanjutnya tahap kedua akan berlangsung tepat dalam bulan puasa juga di 12 titik lokasi," katanya.

Dalam pelaksanaan pasar murah menjelang bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2017, kata dia, Disperindagkop Aceh Selatan menyubsidi sebanyak lima jenis bahan kebutuhan pokok.

Kelima bahan kebutuhan pokok dimaksud masing-masing adalah telur, minyak goreng, sirup, tepung terigu dan mentega.

Sedangkan beras dan gula pasir, ujarnya, khusus mulai tahun 2017 langsung diambil alih oleh pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) sesuai instruksi Presiden Jokowi agar pemerintah lebih mudah mengendalikan harganya.

Saat disinggung mengenai kondisi harga sembako dan sayur mayur menjelang datangnya meugang puasa, Saiful Rahman menjelaskan mayoritas harga barang sejauh ini dalam kondisi stabil tidak terjadi kenaikan yang signifikan kecuali khusus terjadap bawang putih yang mengalami kenaikan sebesar 50 persen dibandingkan dengan harga sebelumnya.

"Pemantauan terhadap stok dan kondisi harga kebutuhan pokok serta sayur mayur tersebut selalu rutin kami gelar. Alhamdulillah sejauh ini masih sangat stabil baik dari segi pasokan maupun harganya," kata Saiful.

Ia menyatakan dari hasil pemantauan di lapangan juga tidak terpantau adanya aksi penimbunan stok barang kebutuhan pokok oleh oknum spekulan atau pedagang tertentu.

Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017