Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga kebersamaan sekaligus Kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

“Kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat guna mengembangkan potensi daerah menjadi lebih maju sehingga dapat bersaing dengan wilayah lainnya,” kata Pangdam IM di Aceh Tamiang, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 tahun 2024 wilayah Kodam Iskandar Muda di Lapangan Bola PTPN 1 Pulau Tiga Kabupaten Aceh Tamiang.

Ia menjelaskan kemajuan teknologi serta tantangan bidang Ekonomi dan Sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak Bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya yang dapat dimulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten/kota.

“Kita sebagai anak bangsa dan bagian dari masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerjasama. Ingatlah bahwa Bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya tertinggal, terpencil, daerah perbatasan, pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Ia mengatakan program tersebut juga bagian membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh guna mendukung Pembangunan Nasional di bidang Pertahanan Negara.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing, sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita,” katanya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat atas segala dukungan sehingga TMMD dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Upacara penutupan tersebut ditandai dengan berakhirnya Program TMMD Ke-119 yang dilaksanakan serentak di 3 (tiga) Kabupaten di wilayah Kodam Iskandar Muda yaitu di wilayah Kodim 0102/Pidie, Kodim 0110/Abdya dan Kodim 0117/Aceh Tamiang.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024