Kementerian Agama Provinsi Aceh menyalurkan 12.995 paket bantuan sembako untuk masyarakat fakir miskin dan yatim tidak mampu di provinsi paling barat Indonesia, dalam upaya membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari saat Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Aceh Azhari di Banda Aceh, Jumat, mengatakan paket bantuan bersumber dari jajaran Kemenag provinsi dan kabupaten/kota di Tanah Rencong secara sukarela, yang disalurkan bersamaan dan serentak se Indonesia.

"Khusus dari jajaran Kanwil Kemenag Aceh berhasil dihimpun 1.000 paket," kata Azhari.

Ia menyebut, secara nasional, penyaluran paket Ramadhan itu mengangkat tema Festival Ramadhan 1445/2024 Asyik Kolaborasi Sejuta Cinta Bersama Gusmen. Kanwil Kemenag Aceh dan Kankemenag kabupaten/kota berhasil menghimpun dan menyalurkan 12.995 paket. 

Di Aceh, lanjut dia, paket bantuan Ramadhan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Irjen Kementerian Agama RI Faisal Aly Hasyim.
 
"Isinya paket sembako, berupa beras, minyak goreng, dan gula pasir," ujarnya.

Azhari mengatakan program tersebut diprakarsai oleh Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag RI, yang diikuti jajaran dan mitra yang mengurus zakat infak dan sedekah di daerah. 

Turut ikut menyalurkan bersama Kemenag, Baitul Mal, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Lembaga Amil Zakar Nasional (Laznas) serta Lembaga Amil Zakat (LAZ)  Kabupaten/Kota.
 
"Secara nasional total paket yang disalurkan sampai 1 juta paket," kata Azhari.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha TU Kanwil Kemenag Aceh Ahmad Yani mengatakan paket bantuan yang dihimpun di Aceh meliputi Kanwil Kemenag Aceh sebanyak 1.000 paket, Kemenag kabupaten/kota 10.700 paket.

"Baitul Mal Aceh sebanyak 1.000 paket, LAZ Aceh sebanyak 85 paket, dan dari Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) sebanyak 210 paket," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024