Meulaboh (ANTARA Aceh) - Satuan Tugas Partai Aceh (Satgas PA) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, mengadakan bakti sosial berupa donor darah dalam rangka menyambut bulan puasa Ramadhan 1438 Hijriah/2017 Masehi.

Panglima Satgas PA Aceh Barat, Nurdin S di Meulaboh, Rabu, mengatakan, meski jumlah Satgas mencapai ratusan personel, namun mereka hanya menargetkan terkumpul 100 kantong darah untuk diserahkan langsung ke rumah sakit.

"Bakti sosial ini dalam rangka menyambut puasa Ramadhan 1438 Hijriah, kita tahu bahwa rumah sakit saat ini mengalami krisis stok darah darah, tujuan kita membantu rumah sakit untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,"katanya disela kegiatan.

Nurdin yang akrap disapa Raja Rimba ini menuturkan, secara menyeluruh Satgas PA di Kabupaten Aceh Berjumlah hampir 5.000 orang dan yang ikut hadir diundang untuk menjalani donor darah adalah sebanyak 250 orang dan hadir semua.

Kegiatan tersebut juga bagian dari konsolidasi internal Satgas PA Aceh Barat dalam 12 kecamatan, momentum kegiatan amal menyambut puasa Ramadhan tahun 2017 Masehi tersebut dapat mempererat silaturrahmi antara sesama Satgas dan masyarakat.

Nurdin menegaskan, semua anggota Satgas di Aceh Barat akan siap menyumbangkan darahnya kepada masyarakat kapanpun bila dibutuhkan, kegiatan seremoneal itu hanya sebagai sosialisasi dan kebersamaan mereka.

"Bila ada masyarakat membutuhkan darah untuk didonor, silakan datang langsung kemari, nanti kami bisa arahkan anggota satgas yang cocok darahnya dengan pasien yang dibutuhkan, rumah sakit juga akan menghubungi kami bila butuh,"sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya melakukan donor darah itu bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh dan Rumah Sakit Harapan Sehat, kapanpun rumah sakit itu butuh darah, Satgas PA Aceh Barat sudah siap mendonorkannnya.

Acara tersebut juga dihadiri Bupati Aceh Barat terpilih pada pilkada 2017 yakni H Ramli, Ms yang juga merupakan kader Partai Aceh, sekaligus penasehat dalam Satgas PA setempat, swasta, perbankan, pihak rumah sakit, tokoh masyarakat dan tamu kehormatan Ketua Komisi X DPR-RI Riefky Harsya.

Ramli, Ms dalam sambutanya menyampaikan, donor darah yang dilakukan Satgas PA tersebut merupakan satu amal kebaikan yang sangat bernilai, karena persoalan darah adalah menyelamatkan orang lain yang membutuhkan.

"Apalagi kita ketahui, belum ada negara yang memproduksi darah, untuk darah selalu mengharap ada pendonor, jadi sangat mulia ketika satgas-satgas PA melakukan kegiatan seperti itu, apalagi ini untuk menyambut puasa,"sebutnya.

Pada kesempatan yang sama Ramli juga menuturkan, ke depan saat sudah mulai memimpin Aceh Barat setelah pelantikan, dirinya berkomitmen kuat terhadap kegiatan sosial, di daerah itu akan didirikan satu unit bank darah sebagai tempat penyimpanan stok darah untuk Satgas PA.melakukan donor darah secara rutin.

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017