Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah meminta Azwardi selaku Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh yang baru dilantik untuk bergerak cepat merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2024.

"Saya berpesan kepada Pj Sekda Aceh yang baru untuk memastikan gerak cepat realisasi APBA 2024," kata Bustami Hamzah, di Banda Aceh, Senin (25/3), saat melantik Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Azwardi menjadi Pj Sekda Aceh, di Anjong Mon Mata Meuligoe Gubernur Aceh.

APBA Aceh 2024 lebih kurang sekitar Rp11,7 triliun sudah terlambat disahkan, karena terjadinya polemik antara DPR Aceh dengan Pj Gubernur Aceh sebelumnya.

Baca juga: TAPA dan DPR Aceh tekan APBA 2024 hasil evaluasi Kemendagri

Anggaran tersebut baru disahkan pada 15 Maret 2024, setelah pergantian Pj Gubernur Aceh yang kini dijabat Bustami Hamzah. APBA yang disahkan tersebut adalah hasil dari evaluasi Kemendagri.

Karena itu, Bustami menegaskan anggaran yang telah disepakati harus terserap secara optimal dan tepat sasaran guna mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

"Salah satu program prioritas kita adalah penanggulangan kemiskinan, saya harap dapat bekerja sama dengan seluruh SKPA terkait untuk memastikan program penanggulangan kemiskinan berjalan efektif dan mencapai target yang telah ditetapkan," ujarnya lagi.

Dia meyakini, Sekda Azwardi mampu menjalankan amanah tersebut, karena telah memiliki pengalaman yang luas di bidang pemerintahan, serta memiliki integritas dan komitmen yang tinggi.

Selain itu, Bustami juga meminta Pj Sekda Aceh untuk mempercepat segala persiapan pelaksanaan PON 2024 yang segera dilaksanakan di Aceh pada September mendatang.

"Rutin setiap saat memonitor semua bidang dan mengadakan pertemuan dengan pihak terkait untuk memudahkan koordinasi, sehingga PON Aceh-Sumut ini dapat kita sukseskan. Kesuksesan pelaksanaan PON tersebut merupakan marwah bagi orang Aceh," katanya pula.

Bustami juga meminta Sekda menjalin hubungan dengan berbagai pihak guna memastikan pelaksanaan pilkada serentak dapat berlangsung aman dan kondusif. Karena, pilkada menjadi momentum untuk membuktikan kembali bahwa Aceh sudah benar-benar kompak dan padu.

"Saya yakin, dengan kepemimpinan saudara Azwardi, mampu menjadi motor penggerak utama dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Aceh," demikian Bustami.

Baca juga: Pakar Hukum: Pergub solusi terakhir masalah pengesahan APBA 2024

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024