Otoritas pengelola Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan terus memastikan kualitas fasilitas dan infrastruktur guna mendukung kelancaran, keselamatan dan keamanan penerbangan dalam mendukung angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kita siap untuk melayani angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dengan terus mengoptimalkan berbagai fasilitas dan infrastruktur pendukung lainnya,” kata Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SIM Darmadi di Aceh Besar, Rabu.

Adapun persiapan yang dilakukan untuk angkutan lebaran tahun 2024 terdiri dari menyusun rencana operasi angkutan lebaran guna pemetaan dan pengaturan sumber daya dan alur kerja, memastikan kesiapan fasilitas keselamatan, keamanan, pelayanan serta kesehatan dalam kondisi laik operasi.

Kemudian memastikan kekesatan runway memenuhi standar yang dipersyaratkan dan kehandalan alat bantu visual dan sistem kelistrikan bandara serta menunda pekerjaan yang berpotensi dapat mengganggu operasional bandara, kecuali pekerjaan yang bersifat menanggulangi kondisi darurat dan berhubungan langsung dengan keselamatan operasi penerbangan.

selanjutnya mengoptimalkan penggunaan slot time di bandara serta melakukan publikasi melalui NOTAM apabila dilakukan perpanjangan atau perubahan sementara jam operasi di bandara selama periode angkutan lebaran 2024.

Pihaknya juga mempersiapkan Posko monitoring angkutan lebaran 2024 di setiap bandara, jadwal piket di kantor, pusat, kantor regional serta mendata kontak person yang dapat dihubungi sewaktu-waktu dan aktif dalam media sosial atau jejaring sosial sebagai media untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Sebelumnya Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan jumlah pesawat domestik yang akan beroperasi di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda sebanyak enam maskapai.

Baca juga: Sandiaga soroti tiket pesawat ke Aceh mahal, butuh solusi

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air (beroperasi 3 April) dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang dan Jeddah.

Kemudian untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues.

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memiliki dimensi landas pacu 3000 x 45 meter dengan area parkir pesawat mampu menampung delapan pesawat.

Adapun untuk kapasitas terminal lebih kurang 1,5 juta penumpang per tahun dan lebih kurang 4 ribu penumpang per hari.

Baca juga: Rumah BUMN Aceh gelar bazar UMKM di Bandara SIM

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024