Rumah BUMN Aceh bersama Angkasa Pura II menggelar bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar mulai 1-7 April mendatang, dalam upaya membuka akses pasar baru bagi sektor UMKM.

CEO Rumah BUMN Aceh Helmi di Banda Aceh, Rabu, mengatakan bazar tersebut merupakan aksi nyata BUMN dalam mendukung pengembangan UMKM di Tanah Rencong untuk membuka akses pasar baru, sekaligus memberikan pengalaman unik kepada pelanggan bandara.

"Event bazar ini dihadiri seluruh Rumah BUMN yang ada di Aceh, mulai dari Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Takengon, Banda, hingga Sabang, dengan produk-produk unggulannya," ujarnya.

Ia mengatakan kolaborasi dengan Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar merupakan langkah strategis untuk memberikan akses kepada UMKM di provinsi paling barat Indonesia itu ke pasar nasional dan global. 

Ajang tersebut juga didukung oleh BUMN lain di Aceh seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta Telkom Indonesia.

“Kami percaya bahwa sinergitas antar BUMN akan membawa manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh,” ujarnya,

Bazar ini disebut akan menjadi platform bagi UMKM Aceh untuk memamerkan produk berkualitas mereka kepada pengunjung bandara. Produk-produk yang disuguhkan sangat variatif mulai dari fesyen, kerajinan tangan, dan kuliner khas dari kabupaten/kota di wilayah Aceh. 

Pihaknya berharap para pengunjung bandara mendapatkan pengalaman unik saat berada di bandara, sekaligus para pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan dan mendapatkan peluang baru dalam memperluas jangkauan pasar.

Kata dia, selain memberikan manfaat ekonomi langsung bagi UMKM, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan citra positif bagi Bandara SIM, Aceh Besar sebagai pusat transportasi yang mendukung pengembangan ekonomi lokal.

“Kami mengundang semua pihak, baik wisatawan maupun masyarakat Aceh, untuk datang dan bergabung dalam acara bazar UMKM ini untuk mendukung pengembangan UMKM Aceh dan mencicipi keanekaragaman produk-produk lokal yang berkualitas,” ujarnya.

Baca juga: UMKM binaan Rumah BUMN Aceh sukses jual ratusan produk di Inacraft 2024

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024