Dinas Syariat Islam Aceh melalui UPTD Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh mengumumkan pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah tidak jadi digelar, akhirnya dilaksanakan pada malam hari raya nanti.

"Tidak jadi kita ganti dengan Festival Takbiran di Masjid Raya Baiturrahman sebagai respons untuk memenuhi aspirasi masyarakat," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur di Banda Aceh, Minggu. 

Saifan mengatakan pawai takbir keliling dimulai setelah shalat Isya hingga pukul 00.00 WIB. Pelepasan peserta direncanakan oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat, ia menyebutkan Pemerintah Aceh menyediakan dana partisipasi sebesar Rp1 juta untuk 21 grup pertama yang mendaftar. 

Baca juga: Pawai takbir keliling sambut Idul Fitri 1445 H ditiadakan

Hadiah dan trofi juga disiapkan untuk para juara, dengan jumlah hadiah bervariasi mulai dari Rp2 juta hingga Rp9 juta. 

"Sampai saat ini sudah ada 15 grup yang mendaftar lewat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) di Aceh," ujarnya. 

Adapun rute pawai takbir keliling dipusatkan di depan menara utama Masjid Raya Baiturrahman. Kemudian, peserta berjalan kaki ke Simpang Kodim, Simpang Surabaya, Simpang Jambo Tape, hingga ke Simpang Lima. Pawai takbir keliling jalan kaki berhenti di Jalan Mohd. Jam samping Masjid Raya Baiturrahman.

Saifan mengimbau warga Banda Aceh dan Aceh Besar untuk berpartisipasi dalam pawai takbir keliling ini, baik dengan mobil hias maupun jalan kaki. Pendaftaran dapat dilakukan melalui nomor 082230181966 dan 085260074618.

"Kami juga mengajak warga Banda Aceh dan sekitarnya untuk turut serta meramaikan pawai takbir keliling ini, sebagai bentuk syukur dan semarak menyambut hari kemenangan," kata Saifan Nur.

Baca juga: Pemkab Aceh Selatan Gelar Pawai Takbir Malam Idul Adha 1444 H

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024