Pemerintah Aceh kembali pusatkan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah untuk masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar ke Masjid Raya Baiturrahman setelah sebelumnya direncanakan di Blang Padang, karena cuaca hujan dan lapangan banjir.

"Rencananya Idul Fitri tahun ini kita sudah lakukan persiapan di Blang Padang. Namun, sampai sore tadi, kondisi lapangan tergenang air sekitar 25 cm disebabkan hujan akhirnya kita putuskan pindah ke Masjid Raya," kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Zahrol Fajri, di Banda Aceh, Selasa malam.

Zahrol mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar yang ingin melaksanakan shalat Idul Fitri besok agar dapat berhadir ke Masjid Raya Baiturrahman lebih cepat.

"Karena shalat Idul Fitri besok akan kita laksanakan pukul 7.30 WIB, kita harap masyarakat datang lebih awal," ujarnya.

Baca juga: Ribuan jamaah laksanakan shalat Idul Adha di Blang Padang

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan shalat Idul di masjid yang menjadi ikon provinsi Aceh itu untuk berwudhu di rumah masing-masing serta membawa perlengkapan shalat secara mandiri.

"Kami mengimbau juga tidak menggunakan kendaraan roda empat karena dikhawatirkan terjadinya macet di jalan," katanya.

Untuk diketahui, Shalat Idul Fitri 1445 H di Masjid Raya Baiturrahman akan diimami oleh Tgk H Munawar Darwis, yakni Wakil Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman. 

Sedangkan khatib adalah Dr Mulia Rahman, yakni Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh dan juga dosen di berbagai perguruan tinggi di Aceh.


Baca juga: Jamaah shalat Ied di masjid raya Baiturrahman membludak sampai ke taman

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024