Masjid Raya Baiturrahman menjadi pilihan bagi wisata oleh masyarakat dari berbagai daerah untuk mengisi liburan Idul Fitri di Kota Banda Aceh. 

"Kebanyakan wisatawan yang berdatangan ke Banda Aceh pasti mereka ke singgah ke Masjid Raya untuk beribadah maupun menjadikan tempat berkumpul bersama keluarga," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Kamis. 

Saifan menyampaikan, setiap lebaran, jumlah pengunjung ke Masjid Raya Baiturrahman selalu ramai. Jumlahnya bisa mencapai 2.500 orang per harinya. 

"Tahun ini, perkiraannya akan sama karena banyak pelancong yang dari berbagai daerah maupun pinggiran Banda Aceh yang datang," ujarnya.   

Salah seorang pelancong asal Makassar, Yuni, menyampaikan Masjid Raya Baiturrahman menjadi lokasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berliburan ke Banda Aceh. 

"Rasanya tidak afdal kalau belum kesini (red-Masjid Raya Baiturrahman), ada sebuah kebanggaan kalau sudah menginjakan kaki di sini," katanya.

Senada dengan Yuni, wisatawan asal Meulaboh, Saniah, mengatakan hampir setiap lebaran ia menghabiskan waktu bersama dengan keluarga di masjid yang menjadi icon provinsi paling barat Indonesia itu.

"Disini suasananya adem, dan sangat cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga," demikian Saniah.

Untuk diketahui, Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling diminati wisatawan. Tak hanya dari luar, masyarakat Aceh pun juga sering mengunjunginya setiap datang ke Banda Aceh.

Baca juga: H+1 lebaran, wisatawan ke Sabang mulai meningkat

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024